Visi dan Misi

A.   Visi dan Misi Unit Pelaksana Teknis Marketing & Public Relations Universitas Nasional (UPT MPR UNAS)

A.1. Visi UPT MPR Universitas Nasional

Memperkuat Universitas Menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan peringkat 10 PTS terbaik di Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan riset yang berbasis kebudayaan dan mencapai akreditasi internasional menuju world class university padatahun 2025.

A.2. Misi UPT MPR Universitas Nasional

Berdasarkan visi yang hendak dicapai UNAS, maka misi UPT MPR Universitas Nasional adalah:

  1. Merencanakan dan mengembangkan strategi promosi yang efektif dengan mengoptimalisasikan potensi yang terdapat di internal untuk menjamin keberlangsungan Universitas.
  2. Memperkenalkan dan menanamkan citra positif Universitas kepada masyarakat nasional dan internasional sebagai institusi pendidikan yang unggul dan memiliki warna khas tersendiri.
  3. Meningkatkan minat calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di Universitas Nasional.

B.  Sasaran Mutu UPT MPR Universitas Nasional.

Berdasarkan misi yang hendak dicapai, maka sasaran mutu kegiatan MPR adalah:

  1. Menganggarkan biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dan public relations secara efisien dan tepat sasaran mengacu pada kemampuan keuangan Universitas Nasional;
  2. Melakukan kerja sama dengan unit-unit penyelenggara kegiatan tridharma perguruan tinggi, kegiatan promosi dan kerja sama di tingkat fakultas, serta biro kerja sama dan kemahasiswaan dalam rangka mempromosikan fakultas dan Universitas guna mempublikasikan kegiatan tridharma perguruan tinggi fakultas, serta kegiatan mahasiswa yang dapat mempromosikan Universitas dengan sistem jemput bola;
  3. Melakukan kerja sama dan memfasilitasi fakultas untuk melakukan promosi dalam rangka menjaring mahasiswa baru yang bermutu;
  4. Membantu fakultas dan lembaga lain di lingkungan Universitas untuk mempublikasikan hasil kerja samanya dengan lembaga lain di luar Universitas Nasional;
  5. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang professional dan mampu bekerja cerdas melalui keikutsertaan dalam event-event pengembangan SDM, baik di dalam maupun di luar UNAS, khususnya dalam bidang marketing dan public relations;
  6. Menyiapkan SDM yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, khususnya teknologi informasi dan desain;
  7. Merancang desain leaflet, brosur, CD profil Unas dan alat peraga promosi lainnya agar diperoleh mutu yang standar;
  8. Menyiapkan sebuah divisi yang bertugas untuk mengelola updating berita webiste Fakultas dan Universitas dengan menggunakan SDM yang professional di bidangnya;
  9. Sebagai media informasi bagi siswa SMA/SMK sederajat untuk mengetahui tentang pendaftaran calon mahasiswa baru, proses seleksi calon mahasiswa baru, hingga penerimaannya. Selain itu di bidang marketing juga mampu memberikan informasi secara detail setiap program studi yang ada di lingkungan UNAS guna memberikan gambaran bagi calon mahasiswa baru;
  10. Selain itu, MPR juga memberikan layanan bagi eksternal lainnya seperti pusat informasi bagi tamu UNAS yang datang dan kepada internal UNAS yang hendak menyelenggarakan kegiatan supaya memiliki daya tarik oleh media massa. MPR pula bertugas mempublikasi baik di media sosial maupun di media conventional terkait potensi inovasi, penelitian dan kegiatan internal UNAS.

C.   Deskripsi Tugas UPT MPR

  1. Merumuskan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
  2. Merumuskan strategi MPR berjangka menengah (3-5 tahun) untuk dikaji dan ditetapkan oleh pimpinan;
  3. Merumuskan rencana kerja, target dan anggaran per semester atau tahunan untuk diputuskan oleh pimpinan
  4. Merumuskan kajian atau penelitian di bidang MPR (antara lain potensi pasar, perilaku konsumen dan perbandingan produk dan biaya kuliah PT pesaing);
  5. Mempublikasikan aktivitas universitas ke media massa;
  6. Membina hubungan baik dengan kalangan pers, antar perguruan tinggi, pemerintah dan swasta (termasuk industri) dalam kerangka MPR;
  7. Melakukan dokumentasi kegiatan universitas;
  8. Menyiapkan profil universitas dan unit-unit dengan produk video, cetak, website secara ekslusif;
  9. Menyiapkan brosur, kalender, cenderamata universitas;
  10. Melaksanakan promosi dan sponsorship untuk merekrut mahasiswa baru dan mengembangkan citra positif;
  11. Membina hubungan baik dengan warga lingkungan sekitar kampus;
  12. Mengelola desain, manajemen konten, dan updating informasi pada website UNAS;
  13. Mengelola penerbitan bulletin cetak UNAS yang terbit sebulan sekali;
  14. Mengelola pelayanan counter pendaftaran mahasiswa baru;
  15. Mengolah informasi masukan, kritik dan saran dari publik internal dan eksternal universitas;
  16. Menggunakan anggaran secara efisien dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran.

D. Deskripsi Wewenang UPT MPR

  1. Menerapkan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
  2. Menyampaikan laporan strategi MPR kepada pimpinan;
  3. Menyampaikan rencana kerja MPR kepada pimpinan dan melaksanakan seluruh aktivitas yang termuat dalam rencana kerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan;
  4. Menyampaikan hasil kajian atau penelitian kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait;
  5. Menilai news value kegiatan, mengundang pers dan membiayai transport atau cenderamata kepada pekerja pers, serta menyampaikan hasil publikasi media kepada pimpinan dan unit terkait;
  6. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak eksternal;
  7. Menetapkan standar dokumentasi dan memenuhi material dokumentasi (contoh cetak foto, edit video);
  8. Desain dan produksi profil dan pengawasan langsung kepada supplier;
  9. Desain dan produksi brosur, kalender dan cenderamata dan mendistribusikan;
  10. Menentukan sasaran dan aktivitas promosi, merekkrut mahasiswa magang secara efisien sesuai plafon anggaran dalam perencanaan;
  11. Menjalin komunikasi dan mensponsori dana kegiatan warga secara efisien;
  12. Menentukan desain, struktur konten, memasukkan/ memperbaharui informasi pada website UNAS;
  13. Menentukan desain, merekrut mahasiswa magang, memilih dan menentukan berita yang dimuat;
  14. Menetapkan standar pelayanan prima, merekrut mahasiswa magang dan melayani pengunjung sesuai jam kerja;
  15. Menerima, menolak atau merevisi rencana anggaran teknis dengan berpedoman pada perencanaan anggaran periodik.