Profil

Profil Marketing and Public Relations Universitas Nasional

 

Unit Pelaksana Teknis Marketing & Publik Relations Universitas Nasional (UPT MPR UNAS) secara garis besar bertanggung jawab terhadap dua bidang, yaitu marketing dan public relations. Marketing memiliki tugas pokok dan tanggung jawab terhadap segala promosi kepada steakholder khususnya calon mahasiswa baru. Sedangkan public relations memiliki tugas pokok dan tanggung jawab mempertahankan brand image UNAS di masyarakat melalui pola komunikasi baik internal maupun eksternal. Tujuan utama dari UPTMPR UNAS adalah terwujudnya visi UNAS Menjadi Universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk 10 (sepuluh) besar Universitas swasta terbaik di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah pada tahun.
Dalam menjalankan tugas dan pemenuhan target, MPR di sokong oleh peran besar media sosial. Untuk itu MPR memiliki official yang bergerak di bidang maya untuk boosting dalam rangka kegiatan promosi yang menyasar warganet.;

Dalam melaksanakan tugasnya, UPT MPR berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Rektor;

UPT MPR dipimpin oleh seorang Manajer dan dibantu oleh beberapa Kepala Divisi, antara lain Divisi Maketing, Divisi Public Relations;

 

A.Visi dan Misi UPT Marketing Public Relations (MPR) Universitas Nasional

A.1. Visi MPR UNAS mengacu pada visi universitas yaitu Menjadi Universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk 10 (sepuluh) besar Universitas swasta terbaik di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah pada tahun.

A.2. Misi UPT MPR Universitas Nasional

Berdasarkan visi yang hendak dicapai UNAS, maka misi UPT MPR Universitas Nasional adalah:

  • Menjadi pintu informasi bagi pihak eksternal;
  • Memberikan informasi yang relevan, jujur, dan terkini kepada siswa, orang tua/wali, dan pihak lain untuk dimanfaatkan dalam proses pengambilan keputusan yang berkualita;
  • Menjalin kerjasama dengan SMA/SMK sederajat dan isntitusi lain di Indonesia melalui beberapa program;
  • Menjaga hubungan baik dengan siswa dan sekolah SMA/SMK dan isntitusi lain sesuai segmen UNAS

     

      A.3. Sasaran Mutu UPT MPR Universitas Nasional
      Berdasarkan misi yang hendak dicapai, maka sasaran mutu kegiatan MPR adalah:

      1. 1. Menganggarkan biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dan public relations secara efisien dan tepat sasaran mengacu pada kemampuan keuangan Universitas Nasional;
      2. 2. Melakukan kerja sama dengan unit-unit penyelenggara kegiatan tridharma perguruan tinggi, kegiatan promosi dan kerja sama di tingkat fakultas, serta biro kerja sama dan kemahasiswaan dalam rangka mempromosikan fakultas dan Universitas guna mempublikasikan kegiatan tridharma perguruan tinggi fakultas, serta kegiatan mahasiswa yang dapat mempromosikan Universitas dengan sistem jemput bola;
      3. 3. Melakukan kerja sama dan memfasilitasi fakultas untuk melakukan promosi dalam rangka menjaring mahasiswa baru yang bermutu;
      4. Membantu fakultas dan lembaga lain di lingkungan Universitas untuk mempublikasikan hasil kerja samanya dengan lembaga lain di luar Universitas Nasional;
      5. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang professional dan mampu bekerja cerdas melalui keikutsertaan dalam event-event pengembangan SDM, baik di dalam maupun di luar UNAS, khususnya dalam bidang marketing dan public relations;
      6. Menyiapkan SDM yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, khususnya teknologi informasi dan desain;
      7. Merancang desain leaflet, brosur, CD profil Unas dan alat peraga promosi lainnya agar diperoleh mutu yang standar;
      8. Menyiapkan sebuah divisi yang bertugas untuk mengelola updating berita webiste Fakultas dan Universitas dengan menggunakan SDM yang professional di bidangnya;
      9. Sebagai media informasi bagi siswa SMA/SMK sederajat untuk mengetahui tentang pendaftaran calon mahasiswa baru, proses seleksi calon mahasiswa baru, hingga penerimaannya. Selain itu di bidang marketing juga mampu memberikan informasi secara detail setiap program studi yang ada di lingkungan UNAS guna memberikan gambaran bagi calon mahasiswa baru;
      10. Selain itu, MPR juga memberikan layanan bagi eksternal lainnya seperti pusat informasi bagi tamu UNAS yang datang dan kepada internal UNAS yang hendak menyelenggarakan kegiatan supaya memiliki daya tarik oleh media massa. MPR pula bertugas mempublikasi baik di media sosial maupun di media conventional terkait potensi inovasi, penelitian dan kegiatan internal UNAS.
      11.  
        Deskripsi Tugas UPT MPR

        1. Merumuskan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil.
        2. Merumuskan strategi MPR berjangka menengah (3-5 tahun) untuk dikaji dan ditetapkan oleh pimpinan;
        3. Merumuskan rencana kerja, target dan anggaran per semester atau tahunan untuk diputuskan oleh pimpinan;
        4. Merumuskan kajian atau penelitian di bidang MPR (antara lain potensi pasar, perilaku konsumen dan perbandingan produk dan biaya kuliah PT pesaing);
        5. Mempublikasikan aktivitas universitas ke media massa;
        6. Membina hubungan baik dengan kalangan pers, antar perguruan tinggi, pemerintah dan swasta (termasuk industri) dalam kerangka MPR;
        7. Melakukan dokumentasi kegiatan universitas;
        8. Menyiapkan profil universitas dan unit-unit dengan produk video, cetak, website secara ekslusif;
        9. Menyiapkan brosur, kalender, cenderamata universitas;
        10. Melaksanakan promosi dan sponsorship untuk merekrut mahasiswa baru dan mengembangkan citra positif;
        11. Membina hubungan baik dengan warga lingkungan sekitar kampus;
        12. Mengelola desain, manajemen konten, dan updating informasi pada website UNAS;
        13. Mengelola penerbitan bulletin cetak UNAS yang terbit sebulan sekali;
        14. Mengelola pelayanan counter pendaftaran mahasiswa baru;
        15. Mengolah informasi masukan, kritik dan saran dari publik internal dan eksternal universitas;
        16. Menggunakan anggaran secara efisien dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran.

         

        Deskripsi Wewenang UPT MPR

        1. Menerapkan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
        2. Menyampaikan laporan strategi MPR kepada pimpinan;
        3. Menyampaikan rencana kerja MPR kepada pimpinan dan melaksanakan seluruh aktivitas yang termuat dalam rencana kerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan;
        4. Menyampaikan hasil kajian atau penelitian kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait;
        5. Menilai news value kegiatan, mengundang pers dan membiayai transport atau cenderamata kepada pekerja pers, serta menyampaikan hasil publikasi media kepada pimpinan dan unit terkait;
        6. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak eksternal;
        7. Menetapkan standar dokumentasi dan memenuhi material dokumentasi (contoh cetak foto, edit video);
        8. Desain dan produksi profil dan pengawasan langsung kepada supplier;
        9. Desain dan produksi brosur, kalender dan cenderamata dan mendistribusikan;
        10. Menentukan sasaran dan aktivitas promosi, merekkrut mahasiswa magang secara efisien sesuai plafon anggaran dalam perencanaan;
        11. Menjalin komunikasi dan mensponsori dana kegiatan warga secara efisien;
        12. Menentukan desain, struktur konten, memasukkan/ memperbaharui informasi pada website UNAS;
        13. Menentukan desain, merekrut mahasiswa magang, memilih dan menentukan berita yang dimuat;
        14. Menetapkan standar pelayanan prima, merekrut mahasiswa magang dan melayani pengunjung sesuai jam kerja;
        15. Menerima, menolak atau merevisi rencana anggaran teknis dengan berpedoman pada perencanaan anggaran periodik.

         

          Pimpinan UPT MPR

        1. Manajer UPT MPR : Marsudi, S.P.
        2. Kadiv Marketing : Adi Agus Premono,S.Sn.
        3. Kadiv Public Relations : Adi Agus Premono,S.Sn.

         

         

        *Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang

        Pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Marketing Public Relations Universitas Nasional