UNAS TV Berhasil Meraih Juara 1 Pada Perlombaan Film Pendek Nasional

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa diharapkan tidak hanya aktif dalam kegiatan akademis, namun juga bisa terlibat dalam kegiatan non-akademis. Hal ini guna meningkatkan soft-skill mahasiswa salah satunya adalah kreativitas. Melalui pengembangan kreativitas, mahasiswa dapat menciptakan sebuah karya yang membanggakan.

UNAS TV melalui karyanya berhasil meraih Juara 1 pada ajang perlombaan Film Pendek 2 Menit yang diselenggarakan oleh Institut Kewarganegaraan Indonesia. Dengan judul “Warna Indonesia”, film ini didasari oleh karakteristik Bangsa Indonesia yang faktanya memiliki beranekaragam adat, budaya, bahasa, dan agama.

“Untuk film pendek ini kami memandang keanekaragaman sebagai perbedaan yang indah, pada akhirnya kami memilih kata ‘warna’ untuk mewakili keanekaragaman dan perbedaan yang Indonesia miliki,” kata Achmad Faqih Firdaus selaku produser.

Informasi terkait lomba ini diperoleh langsung dari Kepala Lab UNAS TV Asep R. Iskandar. Beliau mempercayai serta tidak henti memberikan dukungan kepada kru UNAS TV untuk mengikuti lomba tersebut. Dengan berbekal ilmu yang diperoleh selama berkegiatan di UNAS TV, mereka mengembangkan ilmu dan kreativitas dalam pembuatan naskah.

Kepada tim Humas UNAS, Faqih sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa hanya membutuhkan waktu 1 hari untuk pengambilan gambar atau produksi. Serta pada tahap editing dibutuhkan waktu selama 3 hari. “Sebelumnya kami mencari berbagai referensi film pendek dengan tema persatuan, kesetaraan, dan lainnya. Sampai akhirnya dari konsep disepakati, kru bekerja sesuai dengan jobdesknya untuk membuat script, breakdown set, penentuan talent, dan lainnya,” jelas Faqih.

Melalui film ini, Faqih beserta kru berharap agar masyarakat Indonesia memandang perbedaan sebagai sebuah warna yang merupakan hal penting dan dibutuhkan. Serta menganggap perbedaan sebagai hal yang indah layaknya beragam warna. Dengan keberhasilan mencapai Juara 1 ditingkat regional, mereka juga berharap agar teman-teman UNAS serta khususnya UNAS TV kedepannya tidak ragu dengan kemampuan yang dimiliki.

“Untuk teman-teman UNAS dan UNAS TV agar tidak ragu untuk mengikuti kompetisi dan lomba-lomba yang ada, khususnya kompetisi/lomba yang sesuai dengan jurusan kalian di UNAS. Jika memang hasilnya tidak sesuai ekspektasi, anggaplah hal itu sebagai ajang untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu baru,” tutup Faqih.

Berikut nama-nama kru yang turut menjadi bagian dalam produksi film pendek “Warna Indonesia”

Produser : Achmad Faqih Firdaus (Public Relations, 2019)

Sutradara : Muhammad Rizki Ferdiansyah (Jurnalistik, 2019)

Penulis Naskah : Febi Dwi Yani (Jurnalistik, 2019)

Talent :

  1. Renata Mifta Sadillah (Jurnalistik, 2019)
  2. Nanda Prayoga (Jurnalistik, 2019)
  3. Nikita Choirunisa Wardoyo (Jurnalistik, 2019)
  4. Muhammad Rivo Wafiqul (Jurnalistik, 2020)

Editor : Mohammad Rizky Afattar (Jurnalistik, 2020)

DOP / Camera : Devianne Putri Halliza (Jurnalistik, 2020)

Voice Over : Renata Mifta Sadillah (Jurnalistik, 2019) (*ARS)

https://www.youtube.com/watch?v=CGG8UZbq6mQ&t=8s

Mungkin Anda Menyukai