UNAS Kembali Langsungkan PLBA Secara Virtual Bagi Kelas Karyawan

Jakarta (Unas) – Universitas Nasional (Unas) kembali melakukan Pengenalan Lingkungan Kampus dan Budaya Akademik (PLBA) bagi mahasiswa baru, pada Sabtu (19/09). Kegiatan yang dilangsungkan secara virtual ini ditujukan bagi kelas karyawan, dimana sebelumnya Unas telah melakukan PLBA bagi mahasiswa baru kelas reguler, pada Kamis (17/09).

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 room aplikasi zoom, dan berlangsung pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. PLBA hari kedua ini juga diikuti sebanyak 330 mahasiswa baru dari setiap program studi di zoom 1, dan 276 mahasiswa baru dari Fakultas Ilmu Kesehatan di zoom 2.

Dalam sambutannya secara virtual, Ketua Panitia PLBA Unas, Prof. Iskandar Fitri, S.T., M.T. mengatakan, terdapat 5 materi yang disampaikan pada PLBA ini yakni akademik, hak dan kewajiban dan kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, norma kehidupan kampus, serta narkoba.

“Kelima materi tersebut dimaksudkan agar mahasiswa baru memiliki pemahaman untuk dapat segera menyiapkan motivasi, mental, dan pikiran yang dituangkan dalam rencana strategi perkuliahan. Pada akhirnya, diharapkan mahasiswa bisa mencapai seluruh proses perkuliahan secara optimal, sehingga dapat lulus menjadi sarjana secara tepat waktu dengan kompetensi yang baik,” jelas Wakil Rektor bidang Akademik Unas itu.

Salah satu instruktur PLBA, Surajiman, S.H., M.Hum. mengatakan, saat perkuliahan nanti, diharapkan mahasiswa dapat bersikap tanggung jawab, sopan dan santun, berkepribadian luhur, disiplin dalam mengerjakan tugas, serta mematuhi segala norma dan etika yang sudah ditetapkan oleh Unas.

“Hal ini sesuai dengan kewajiban mereka sebagai mahasiswa. Jika melanggar aturan, maka akan ada sanksi yang diberikan oleh Unas sesuai dengan tingkat pelanggaran tersebut. Unas juga akan berusaha agar mahasiswa mendapatkan haknya seperti kenyamanan, ketenangan, dan keselamatan baik fisik maupun psikis,” ujar dosen Fakultas Hukum itu saat memberikan materi mengenai ‘Norma Kehidupan Kampus’.

Seperti pada kelas reguler, PLBA kelas karyawan ini juga diakhiri dengan pengumuman pemenang doorprize secara virtual oleh Wakil Kepala Biro Administrasi umum, Saptomo Setiawan, S.P., M.M. Doorprize tersebut berupa tablet yang diberikan kepada peserta PLBA dengan resume materi terbaik pada saat kegiatan berlangsung dari masing-masing zoom.

“Terima kasih Unas sudah memberikan doorprize tablet ini, sehingga bisa membantu saya untuk perkuliahan online nantinya. Saya senang sekali,” ujar salah satu pemenang doorprize, Ladisa Octavia Yasher saat pengumuman doorprize berlangsung.

Mahasiswi program studi Teknik Elektro itu juga mengatakan, materi yang diberikan oleh instruktur pada PLBA sangat bermanfaat guna menunjang perkuliahan.

PLBA secara virtual ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilakukan oleh Unas. Hal ini sesuai dengan himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menegaskan bahwa masa orientasi studi tidak boleh dilakukan secara tatap muka di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, Unas selalu melangsungkan kegiatan PLBA secara tatap muka. Namun, hal ini bukan menjadi tantangan yang berat mengingat Unas sudah melakukan perkuliahan secara blended learning sebelum pandemi Covid-19.

You May Also Like