Tindakan Planet Berkelanjutan “People and Planet: Faith in The 2030”

Di banyak negara, kepercayaan spiritual dan agama adalah pendorong utama inklusi sosial dan kemakmuran ekonomi. Memanfaatkan dinamika kepercayaan ini di tingkat lokal dan peran aktor agama sangat penting untuk planet yang berkelanjutan. Penelitian dari United Nations Environment Programme (UNEP) telah mengungkapkan bahwa lebih dari 190 organisasi berbasis kepercayaan lingkungan termasuk masyarakat adat telah bekerja di tingkat global, regional dan lokal dalam menangani perubahan iklim, konservasi energi, penggunaan berkelanjutan keanekaragaman hayati, dan reboisasi diantara yang lain. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan pengalaman ini dalam membangun iman dalam kemitraan untuk Agenda 2030.

Agenda 2030 hanya dapat dicapai dengan melibatkan dan memberdayakan pemangku kepentingan, memobilisasi kemitraan dan menggunakan pendekatan inovatif yang belum dimanfaatkan. Aktor-aktor berbasis kepercayaan dan komunitas adat telah diakui oleh sistem PBB sebagai pemain kunci dan penting dalam memberantas kemiskinan, meningkatkan kehidupan masyarakat, melindungi lingkungan dan dengan demikian mencapai pembangunan berkelanjutan.

Agenda ini bekerja sama dengan United Nations Environment Programme (UNEP). Dengan bertujuan untuk memungkinkan mobilisasi sumber daya iman dan tindakan kolektif untuk planet yang berkelanjutan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam bentuk video conference untuk memberikan pengalaman belajar global dan bekerjasama dengan Stockholm International Water Institute (SIWI) dan the Swedish Environmental Protection Agency (Naturvårdsverket).

Kegiatan ini akan dihelat pada :

Tanggal: 16-18 Maret 2020

Tanggal permintaan terakhir: 16 Februari 2020 untuk semua pembelajaran.

Jumlah peserta maksimum untuk pembelajaran: 175

Tempat: Di Swedia pusat pembelajaran akan diadakan di Sida Partnership Forum dan Sambiblioteket, Härnösand. Pusat pembelajaran lainnya akan diselenggarakan di Nairobi / Kenya, Sarajevo / Bosnia dan Herzegovina, Jakarta / Indonesia, Pretoria / Afrika Selatan dan Amman / Jordan.

Manajer Program yang Bertanggung Jawab: Josephine Sundqvist, Sida Partnership Forum

Untuk informasi praktis: Silakan hubungi Tora Lundberg, Sida Partnership Forum

Bahasa: Inggris

Untuk hub Indonesia: Silakan hubungi Dr. Fachruddin Mangunjaya, Pusat Studi Islam, UNAS (Anda harus mewakili LSM, kelompok agama; kelompok independen dan akademisi), dan bersedia mengikuti selama tiga hari.

lebih lanjut : ppi.unas.ac.id

You May Also Like