Sambut Mahasiswa Baru, UNAS Kembali Gelar PLBA Semester Genap 2020/2021 Secara Virtual

Jakarta (UNAS) – Memasuki tahun ajaran semester genap 2020/2021, Universitas Nasional (Unas) kembali menyambut mahasiswa baru melalui Pengenalan Lingkungan Dan Budaya Akademik (PLBA) secara virtual. Kegiatan PLBA ini merupakan kedua kalinya yang  dilaksanakan secara virtual setelah sebelumnya dilakukan pada periode semester ganjil tahun akademik 2020/2021.

“Kegiatan pengenalan lingkungan dan budaya akademik semester genap tahun akademik 2020/2021, merupakan kegiatan yang kedua kali dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi video conference zoom yang  diikuti oleh 318 mahasiswa baru,” kata  Ketua Panitia PLBA Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. dalam sambutannya secara virtual pada pembukaan kegiatan PLBA, Sabtu (20/3).

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Dalam kegiatan ini, terdapat lima materi yang disampaikan oleh para instruktur yang juga dosen UNAS yaitu AkademikHak dan Kewajiban serta KemahasiswaanPenelitian dan Pengabdian kepada MasyarakatBela Negara dan Radikalisme, dan Narkoba.

Dari semua materi yang disampaikan, dimaksudkan agar para mahasiswa baru memiliki pemahaman untuk dapat segera menyiapkan motivasi, mental dan pikiran yang dituangkan dalam rencana dan strategi perkuliahan dalam rangka menjalani seluruh proses perkuliahan secara optimalsehingga dapat lulus menjadi sarjana secara tepat waktu dengan kompetensi yang sangat baik,”jelas Prof. Iskandar yang juga sebagai Wakil Rektor bidang Akademik Unas itu.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. menyatakan bahwa pelaksanaan PLBA secara virtual bukan menjadi tantangan besar bagi Unas. Hal itu, karena sejak tahun 2015 UNAS telah lebih dahulu menggunakan metode perkuliahan berbasis teknologi. Selain itu, sistem tata kelola di Universitas Nasional 90 % sudah berbasis teknologi.  

Sebelum masa pandemi covid-19, UNAS telah melakukan perkuliahan secara Blended Learning  yaitu penggabungan antara perkuliahan tatap muka (onsite) dan perkuliahan daring (online). Sehingga pada saat pandemi Covid-19 dimana pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan pembelajaran di Perguruan Tinggi dilakukan secara daring (online), maka dosen dan mahasiswa sudah siap dan terbiasa mengikuti perkuliahan secara daring tersebut,” ucap El Amry.

Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A.

El Amry pun menambahkan dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan 5.0, mahasiswa dituntut untuk berpikir kreatif dan berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Ia berharap, mahasiswa mampu menjadi pribadi yang mandiri yang dapat menciptakan banyak peluang untuk berkarya serta menjadi pribadi yang berguna. “Serta nantinya, saat berada di luar kampus mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan dapat memberikan solusi permasalahan yang nyata di tengah masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini dibagi menjadi tiga room aplikasi zoom. Kegiatan PLBA dilakukan secara virtual untuk mengikuti himbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melaksanakan kegiatan masa orientasi studi secara virtual di tengah pandemi covid-19.

Kegiatan PLBA ini diakhiri dengan pengumuman pemenang doorprize secara virtual oleh Kepala Biro Administrasi Umum Unas, Dr. (Cand) Ian Zulfikar, M.Si. Doorprize tersebut berupa voucher elektronik yang diberikan kepada peserta PLBA. Pemenang Doorprize adalah mereka yang memberikan resume materi terbaik yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung.(*DMS)

Mungkin Anda Menyukai