RAKER FTKI UNAS, Dorong Dosen Siap Hadapi Industri 5.0

Jakarta (UNAS) – Sebuah institusi pendidikan dalam menjalankan program kerja tentunya ada rancangan kerja. Rancangan kerja tidaklah mutlak menjadi tugas seorang pimpinan semata. Namun semua memiliki peran masing-masing sesuai dengan fungsi dan tugasnya. Maka guna menyelaraskan program kerja untuk mencapai tujuan yang hendak di capai perlu di adakan Rapat Kerja (Raker) guna membahas program-program yang akan dijalankan.

Fakultas Teknolgi Komunikasi dan Informasi Universitas Nasional (FTKI UNAS) menyelenggarakan Raker tahunan di Auditorium Universitas Nasional Senin (16/11). Rapat kerja di jadwalkan selama dua hari yaitu Senin dan Selasa, tanggal 16 dan 17 November 2020. Rapat kerja di pimpin langsung oleh Guru Besar FTKI Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.  didampingi oleh Dekan FTKI Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI.Peserta rapat terdiri dari Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi (Kaprodi), Dosen dan staf di lingkungan FTKI.

Pada saat ini, industri berkembang dengan sangat cepat. Baru saja kita beradaptasi dengan era industri 4.0 pada era ini menuntut konektivitas di segala hal atau Internet of thing (IoT) . Para pengamat industri menyatakan beberapa negara maju, contohnya Jepang, saat ini telah memasuki pergeseran dari industri 4.0 menuju industri Society 5.0. Perubahan ini juga di yakini dapat membawa perubahan terhadap perekonomian dunia dan kualitas kehidupan secara signifikan.

Pimpinan Raker  Prof. Dr. Iskandar Fitri, ST., M.T, FTKI mendorong seluruh dosen untuk siap menghadapi Industri 5.0, “kita harus paham dan siap untuk menghadapi industri 5.0, teknologinya apa saja, membuat konsep smart kampus, cyber kampus. Kita harus mencobanya terlepas nanti bisa terlaksana atau tidak, yang penting dipetakan dulu dibuat konsep dulu. Pelayanan dan ajar mengajar melalui Online” ujarnya.

Iskandar juga membuka kesempatan kepada dosen dan staf dilingkungan FTKI untuk melanjutkan pendidikannya. “Saya, dan FTKI sendiri memberikan kesempatan, membuka peluang untuk para dosen atau sfaf untuk melanjutkan jenjang Strata Dua (S2) ataupun Strata Tiga (S3) dan juga untuk terus menulis jurnal publikasi. Yakin diri sendiri untuk bisa menjadi dosen tetap di UNAS”, terangnya.

Sementara Dekan FTKI Dr. Septi Andryana, S.Kom. M.M.S.I. mengatakan rapat kerja ini diselenggarakan 1 (satu) tahun sekali, namun nantinya di evaluasi setiap semester, pembahasan dalam rapat kerja tahunan ini sebanyak 13 agenda. “ Pada rapat kali ini kita membahas 13 agenda atau item diantaranya skripsi Mahasiswa, publikasi Mahsiswa, tata kelola Online termasuk perkuliah blanded learning, merdeka belajar, sinkronisasi mata kuliah, skema pembelajaran inovatif, rencana pendirian S2, virtual laboratory, skema penyiapan data, sertifikasi profesi dan lainya”, saat dilakukan wawancara secara oleh Humas UNAS.

Septi menambahkan, selain membahas rancangan kerja di FTKI guna memantapkan kualitas, rapat juga di  adakan games untuk memberikan semangat kepada peserta rapat, “untuk memberikan semagat kepada peserta rapat selain membahas rencana kerja, rapat juga di selingi dengan games”, jelasnya.

Hasil rapat kerja ini kemudian akan dijalankan pada tahun 2021, “rapat seperti ini akan diagendakan kembali pada tahun depan 2021 dan mungkin juga nantinya akan mengundang stakeholder untuk meminta masukan-masukan sebagai pengembangan kurikulum” terangnya. (*TIN)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *