Jakarta (UNAS) – Program Studi Agroteknologi Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) Universitas Nasional (UNAS) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk magang ke Jepang. Pada tahun 2024 ini, sebanyak 4 mahasiswa yang akan berangkat magang di perusahaan Kamaya Prefecture, Jepang.

Keempat mahasiswa tersebut ialah Nadira Azalia Hidayat, Zulfaidah, Rizky Ramadhaningtyas, dan Ganna Tanasya Narulita. Mereka akan melakukan program magang selama 6 bulan dan dijadwalkan berangkat pada 14 Juli 2024.

“Prodi Agroteknologi UNAS sebelumnya telah mengirimkan 5 mahasiswa untuk magang di Jepang pada tahun 2023 lalu. Alhamdulillah program ini terus berlanjut, dan kami akan mengirimkan kembali 4 mahasiswa di perusahaan yang sama,” ucap Ketua Prodi Agroteknologi FBP UNAS, Ir. Etty Hesthiati, M.Si. Ia melanjutkan, 4 mahasiswa tersebut magang di bidang hidroponik, dimana sebelumnya Prodi Agroteknologi juga memiliki mata kuliah hidroponik, sehingga diharapkan bisa diimplementasikan di tempat magang.

“Seluruh mahasiswa telah mendapatkan mata kuliah hidroponik, sehingga diharapkan mereka telah memiliki bekal sebelum terjun ke lahan praktik,” ucapnya. Etty melanjutkan, para mahasiswa juga mengikuti kursus Bahasa Jepang untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi ketika bekerja. Menanggapi hal ini, Rektor UNAS Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. turut menyampaikan apresiasinya atas semangat para mahasiswa untuk mengikuti program magang tersebut.

“Gunakanlah kesempatan magang ini dengan sebaik-baiknya. Ambilah ilmu sebanyak-banyaknya di perusahaan Jepang tersebut, dan implementasikan apa yang kalian dapatkan ketika kembali ke UNAS,” ujarnya saat melepas para mahasiswa di Ruang Rapat Rektorat, Senin (08/07). Rektor menambahkan, program magang ke luar negeri ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa UNAS, sehingga diharapkan mampu bersaing secara global ketika lulus dan mencari pekerjaan. “Semoga ketika program ini selesai, para mahasiswa mampu memanfaatkan lahan untuk menanam hidroponik, serta membuat ide bisnis yang menghasilkan,” tuturnya.

Dekan FBP UNAS, Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si. menuturkan bahwa para mahasiswa harus mengikuti program magang ini dengan giat, sungguh-sungguh, serta berperilaku profesional di tempat bekerja. “Terdapat banyak perbedaan budaya antara cara bekerja di Indonesia dan di Jepang. Oleh karena itu, mahasiswa harus mengikuti budaya Jepang dengan baik,” katanya. Ia juga berpesan kepada mahasiswa untuk terus berperilaku baik dan santun, serta menjaga nama baik almamater UNAS.

Di hari yang sama, para mahasiswa juga diberikan pembekalan mengenai tata bahasa, etika bekerja, dan kehidupan masyarakat Jepang oleh Dosen Prodi Sastra Jepang UNAS, Ucu Fadhilah, M.Hum., dilanjutkan dengan sharing session oleh para mahasiswa program magang batch pertama, dan monitoring persiapan keberangkatan oleh Kadiv Kerjasama Luar Negeri Kantor Kerjasama Internasional (KKI) UNAS, M.A. Inez Saptenno, M.Li., dan Nyoman Elly Swandayani. (MPR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − five =