Perkuat Sistem Pembelajaran Online, Unas Gelar Pelatihan E-learning Bagi Dosen

Jakarta (Unas) – Guna memperkuat sistem pembelajaran berbasis online, Universitas Nasional (Unas) melangsungkan pelatihan e-learning kepada para dosen di bawah Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK). Kegiatan ini dilakukan pada dua hari yakni pada 12 dan 19 Maret 2020 di Laboratorium Jaringan Komputer, Blok IV Lantai 4 Unas.

Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. dengan menyampaikan sambutannya menggunakan teknologi video conference. “Pelatihan ini secara khusus diperuntukkan bagi dosen dalam rangka penguasaan pembelajaran yang kita kenal saat ini yaitu pembelajaran berbasis online,” ujarnya, Kamis (19/ 03).

Iskandar melanjutkan, pelatihan e-learning ini dapat digunakan nantinya pada program perkuliahan, maupun program-program pelatihan yang nantinya akan diselenggarakan dibawah YMIK.

“Usai pelatihan ini diharapkan nantinya komunikasi pembelajaran, interaksi, pengayaan materi akan jauh lebih banyak lagi dikuasai oleh dosen serta mampu mengajak interaksi mahasiswanya berselancar di dalam dunia big data,” tambahnya.

Pada pelatihan ini, para dosen diperkenalkan dengan Learning Management System (LMS) sendiri yang dimiliki oleh Unas untuk mengimplemtasikan pembelajaran berbasis online. Adapun materi tersebut disampaikan oleh dosen Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Unas, Dr. Fauziyah, MMSI. dan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Muhani. S.E., M.Si.M.

“Jadi nantinya diharapkan dosen bisa secara khusus menyiapkan pembelajaran dari mulai perkuliahan, soal, jawaban, diskusi, chating, dan sebagainya. Secara khusus dosen juga menyiapkan penguasaan teknologi dalam spesifik misalnya perekaman, penguasaan software untuk perekaman, editing, dan sebagainya,” tutup Iskandar yang juga dosen FTKI itu.

Dengan penggunaan e-learning ini diyakini dapat mengatasi keterbatasan perkuliahan di kelas dan menyediakan layanan belajar online yang dapat diakses kapan saja dan darimana saja. Pelatihan ini diikuti oleh 35 dosen pada hari pertama dan 16 dosen pada hari kedua. (*NIS)

You May Also Like