Magister Administrasi Publik

PENDAHULUAN

VISI

Menjadi Program Studi Magister Administrasi Publik yang menempati posisi 10 (sepuluh) terbaik nasional yang menawarkan berbagai konsentrasi untuk setiap penulisan karya akhir mahasiswa pada tahun 2023.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran magister ilmu administrasi publik yang bermutu dan sejalan dengan perkembangan keilmuan di tingkat global.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran magister ilmu administrasi publik yang kuat pada aspek teori dan metodologi dalam mengembangkan keilmuan dan aplikasinya.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran magister ilmu administrasi publik yang kuat pada kajian kasus dengan pemecahan masalahnya, khususnya bidang kebijakan publik dalam pembangunan negara.
  4. Melaksanakan penelitian dan publikasi (minimum pada jurnal nasional) pada bidang ilmu administrasi publik dalam penyelenggaraan pembangunan negara.

Globalisasi adalah era yang menuntut kemampuan konseptual dan kemampuan operasional bagi siapa saja yang menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik. Berpijak dari sini, maka perubahan cara pikir dan cara tindak menjadi penting bagi semua pihak yang bergerak dalam kegiatan organisasi, baik organisasi negara maupun organisasi swasta. Aspek ini hanya mungkin ditransformasikan secara akurat melalui institusi pendidikan.
Oleh karena itu, misi pengembangan pendidikan tinggi ke depan adalah mempersiapkan kualitas sumber daya manusia mengintegrasikan dua kemampuan, yaitu kemampuan konseptual dan kemampuan operasional sebagai kekuatan yang senantiasa menduduki posisi strategis di kancah kompetisi global. Karena itu pula Program Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Nasional mengemban misi tersebut sebagai bentuk tanggung jawab akademik, pengabdian dan penelitian untuk memajukan masyarakat dalam membangun bangsa.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Program Magister Administrasi Publik Universitas nasional secara proaktif dan responsif menawarkan program pendidikan S2 dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di sektor administrasi dan manajemen publik. Konsentrasi Kebijakan Publik secara khusus akan mendorong kemampuan ilmu dan pengetahuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi kebijakan publik yang mampu diaplikasi dalam setiap arena kegiatan organisasi, baik negara maupun swasta.

Begitupun konsentrasi Administrasi dan Keuangan Daerah akan mendorong kemampuan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dan pengetahuan dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan di daerah yang sejak era reformasi menjadi isu yang terus berkembang mencari formula yang tepat untuk membangun good corporate governance.

KEUNGGULAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan alumni yang memiliki keahlian kombinasi antara kebijakan publik dengan keahlian administrasi dan keuangan daerah.
  2. Dapat mendesain program / proyek untuk pengembangan daerah.
  3. Mempersiapkan peserta untuk melanjutkan studi ke program Doktor.
  4. Desain kurikulum yang dapat diselesaikan selama delapan belas bulan, dengan tetap memperhatikan kualitas kemampuan yang memadai untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam skala nasional maupun regional.
  5. Dengan keahlian seperti itu, peserta memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi tenaga profesional di daerah dan nasional.
  6. Membekali peserta dengan kajian dan penelitian dapat berlangsung secara rutin, teratur dan berkelanjutan dan hasilnya didokumentasi serta dipublikasi secara luas.
  7. Desain kurikulum yang berbasis kompetensi dan selalu akan di-update sesuai dengan kebutuhan pasar.

BIDANG STUDI
Program Magister Administrasi Publik Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional menyelenggarakan program pendidikan Administrasi Publik dengan dua peminatan bidang studi :
1. Kebijakan Publik
2. Administrasi dan Keuangan Daerah

GELAR AKADEMIK
Bagi Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dianugrahi gelar M.A.P. (Magister Administrasi Publik)

STATUS
Program Magister Administrasi Publik Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional telah telah terkakreditasi A dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi nomor: 9208/SK/BAN-PT/Ak-PNB/M/VII/2021

TENAGA PENGAJAR

Tenaga Pengajar adalah tamatan S3 dan S2 dari berbagai Universitas terkemuka baik dalam maupun luar negeri. Mereka adalah tenaga profesional yang berpengalaman di bidang profesi / keilmuannya. Dengan tenaga pengajar yang profesional, Program Pasca Sarjana Administrasi Publik Universitas Nasional dapat menghasilkan lulusan / sarjana S2 Administrasi Publik yang bermutu, sehingga dapat menyumbangkan ilmunya dalam pembangunan nasional di era persaingan global. Diantaranya:
  1. Prof. Dr. Lijan P. Sinambela, MM.M.Pd
  2. Prof. Dr. Achmad Djunaedi Kadmasasmita, M.Ec.
  3. Prof. Dr. Kausar AS, M.Si.
  4. Prof. Dr. Eko Sugiyanto, M.Si.
  5. Dr. Ramlan Siregar, M.Si.
  6. Dr. Drs. El Amry Bermawi Putera, M.A
  7. Drs. Rusman Ghazali, M.Si. Ph.D.
  8. Dr. Zulmasyhur, M.Si
  9. Dr. AF. Sigit Rochadi, M.Si
  10. Dr. Ahmad Muksin, M.Si
  11. Dr. Syarif Hidayat, M.A., APU.
  12. Dra. Diana Fawzia, M.A., Ph.D.
  13. Dr. Adjat Daradjat, M.Si.
  14. Dr. Robert P. Silalahi, M.Si.
  15. Dr. Sudarmasto, M.A.
  16. Dr. Chazali Husni Situmorang, Apt., M.Sc.
PERKULIAHAN
Kelas Reguler
Perkuliahan dapat diselesaikan dalam waktu 3 (empat) semester dengan jumlah 36 SKS (Satuan Kredit Semester). Kuliah semester I dan II untuk menyelesaikan teori. Semester III digunakan untuk penelitian dan penulisan tesis.
Lokasi Perkuliahan
Perkuliahan kelas reguler dilaksanakan di Kampus UNAS Ragunan.

Jadwal Perkuliahan
Jum’at : Jam 16.30 – 21.00 WIB.
Sabtu : Jam 09.00 – 16.00 WIB.

KURIKULUM OPERASIONAL

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI

KELOMPOK MATAKULIAH
MATA KULIAH
BEBAN STUDI (SKS)
MKK
( Mata Kuliah Keahlian )
1. Teori Ilmu Administrasi Publik
2. Teori Organisasi
3. Teori dan Isu Pembangunan
4. Kajian Otonomi Daerah
5. Metode Penelitian Administrasi
3
3
3
3
3
Mata Kuliah Bidang Peminatan
Kebijakan Publik
1. Analisis Kebijakan Publik
2. Pengambilan Keputusan Strategis
3. Ekonomi Politik Pembangunan
4. Manajemen dan Pengukuran Kinerja
5. Pilih salah satu matakuliah pilihan
3
3
3
3
3
Mata Kuliah Bidang Peminatan
Administrasi dan Keuangan Daerah
1. Manajemen Keuangan dan Anggaran Pemda
2. Perencanaan dan Pembangunan Daerah
3. Pengambilan Keputusan Strategis
4. Manajemen dan Pengukuran Kinerja
5. Pilih salah satu matakuliah pilihan
3
3
3
3
3
MP
( Mata Kuliah Pilihan )
1. Implementasi dan Evaluasi Program
2. Politik Fiskal
3
3
TA
( Tugas Akhir )
1. Tesis
6

Syarat Pendaftaran

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Lulusan S1 dari semua jurusan dengan IPK min 2,75 (skala 4).
  • Foto copy ijazah sarjana strata satu (S1) negeri atau swasta (berstatus terakreditasi) yang sudah dilegalisasi masing-masing 3 (tiga) rangkap.
  • Foto copy transkrip nilai ujian Negara dan atau transkrip nilai akademik yang sudah dilegalisasi masing-masing 3 (tiga) rangkap.
  • Foto copy KTP sebanyak 3 (tiga) lembar.
  • Pas foto hitam putih ukuran 2×3, 3×4 dan 4×6, masing-masing 6 (enam) lembar.

Informasi dan Pendaftaran

PPMB UNAS, Kampus Pejaten
Jl. Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, telp. (021) 7806700, 7802718

Sekretariat Pasca Magister Administrasi Publik, Kampus Menara UNAS 1 dan 2
Jl. R.M. Harsono No. 1, Ragunan-Jakarta Selatan

Kontak Personal

Munajat: 0818-0782-8458