Jelang PLBA, UNAS Adakan Training Public Speaking

akarta (UNAS) – Saat ini, hampir seluruh kegiatan atau program universitas dilakukan secara online. Salah satunya pada kegiatan Pengenalan Lingkungan Budaya dan Akademik (PLBA) yang diperuntukan bagi mahasiswa baru, guna memahami sistem belajar serta peraturan yang ada di Universitas Nasional.

Kegiatan PLBA tahun ajaran genap 2020/2021 yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2021, menjadi kedua kalinya dilaksanakan secara online. Segala persiapan dilakukan antara lain dengan diadakannya Training Public Speaking dan Teknis Zoom. Training ini diselenggarakan langsung oleh panitia PLBA yang ditujukan untuk tim pelaksana yang terdiri dari moderator, instruktur, pembawa acara, dan bidang acara PLBA.

Dengan dilaksanakannya training ini diharapkan para peserta training menjadi lebih handal sehingga dalam pelaksanaan kegiatan PLBA dapat lebih baik lagi. Panitia PLBA juga memantau dan menilai kinerja tim pelaksana karena kegiatan ini menjadi pintu awal bagi para mahasiswa baru mengenal kehidupan di Universitas Nasional.

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T.,M.T.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T.,M.T. dalam sambutannya menyampaikan, “Ada seleksi petugas dengan kriteria seperti dari segi disiplin, segi dari sejauh mana dia bisa membawakan materi, dan seterusnya. Ketika nanti ada petugas yang lebih baik kita akan lakukan rolling,” tutur Prof. Iskandar pada hari Senin (8/3).

Training pertama dibawakan oleh Cut Dhien Shafina, S.Ikom., S.H., M.H., yang membahas terkait public speaking. Dalam training ini, Cut berinteraksi langsung dengan para peserta training sebagai salah satu bentuk praktek. Selain itu, Tjut juga memberikan poin penting yang harus disiapkan oleh tim pelaksana seperti materi yang sebaiknya dikemas dengan ringan dan teknis saat membawakan materi. 

Public speaking adalah praktek bukan teori. Terkait bagaimana dia (pemateri) bisa mendapatkan sesuatu hal untuk disampaikan kepada pendengarnya,” ujar Cut.

Selanjutnya, training kedua dibawakan oleh Indra Lukmana dengan memberikan arahan teknis penggunaan zoom. Dengan kegiatan yang berbasis online, training ini dirasa perlu untuk menghindari kesalahan teknis selama kegiatan PLBA berlangsung. Para peserta training juga membawa laptop untuk bisa langsung mempraktekkan.

Setelah itu, acara ditutup dengan foto bersama pelatih dan peserta training. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Aula, Universitas Nasional. (*ARS)

Mungkin Anda Menyukai