Setahun Berdiri,Program Studi Pendidikan Profesi Ners Unas Raih Akreditasi B

Jakarta (Unas) – Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) berhasil meraih akreditasi dengan peringkat B (baik). Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Nomor 0456/LAM-PTKes/Akr/Pro/XI/2020.

Pencapaian prodi ini merupakan kabar gembira dari buah kerja keras sivitas akademika FIKES Unas. Pasalnya, Pendidikan Profesi Ners merupakan prodi baru yang merupakan lanjutan dari S1-Ilmu Keperawatan.

“Dari semenjak prodi ini dibentuk pada Oktober 2018, kami terus berupaya untuk mencapai akreditasi yang baik dengan mengajukannya ke LAM-PTKes. Alhamdulillah, setelah melewati proses yang cukup panjang,  Prodi Pendidikan Profesi Ners mendapatkan hasil yang memuaskan dengan akreditasi B,” ujar Ketua Prodi Pendidikan Profesi Ners FIKES Unas, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep. saat diwawancarai oleh Humas Unas via sambungan telepon, Selasa (08/12).

Proses akreditasi yang dilakukan secara daring tersebut menjadi tantangan sendiri bagi Prodi Pendidikan Profesi Ners. Naziyah mengaku, tim akreditasi perlu bekerja lebih keras untuk menyiapkan dokumen, borang, video, serta perlengkapan streaming untuk assesmen lapangan.

“Meskipun demikian, kerja keras dari kami telah membuahkan hasil yang baik. Semoga bagi alumni S1-Keperawatan Unas yang belum sempat melanjutkan profesinya karena terkendala akreditasi bisa segera melanjutkan ke profesi Ners,” lanjut Naziyah.

Untuk kedepannya, tambah Naziyah, Prodi Pendidikan Profesi Ners akan terus berupaya merealisasikan visi dan misi guna menjadi profesi yang unggul di tatanan klinik dan komunitas. “Mudah-mudahan kedepannya harapan dari prodi ini bisa segera terealisasikan. Termasuk dengan membangun klinik atau rumah sakit sebagai tempat praktik mahasiswa,” tuturnya.

Sebelumnya, Prodi Pendidikan Profesi Ners telah menjalani visitasi akreditasi assesmen lapangan secara daring pada Rabu-Sabtu (11-14/11). Adapun tim Asesor untuk melakukan assesmen secara daring yaitu Kusman Ibrahim, S.Kp,. MNS, Ph.D. dari Universitas Padjadjaran (UNPAD), Farida Linda Sari Siregar, S.Kep., Ns., M.Kep. dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Ns. Wahyu Rochdiat M, M.Kep., Sp.Kep.J dari Universitas Respati Yogyakarta (URY). (NIS)

You May Also Like