Sambut Mahasiswa Baru,Unas Kembali Kenalkan Kehidupan Kampus Melalui PLBA

Jakarta (Unas) – Sudah menjadi kegiatan rutin setiap semesternya, Universitas Nasional (Unas) selalu menyambut kedatangan mahasiswa baru melalui kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik (PLBA) untuk jenjang sarjana. Pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 ini, Unas melangsungkan PLBA pada tanggal 5 dan 7 Maret 2020 serta menerima 503 mahasiswa program D4 dan S1, dan 98 mahasiswa program pascasarjana.

“Pada PLBA ini kita kenalkan pemahaman dasar dan pengetahuan bagi para mahasiswa baru agar mereka dengan mudah mengakses dan mengikuti setiap kegiatan yang ada di Unas, tentunya dengan menggunakan fasilitas yang ada,” jelas Ketua PLBA, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. saat ditemui di ruangannya, Kamis (5/03).

Dengan dilangsungkan PLBA ini disetiap semesternya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unas itu berharap mahasiswa bisa melakukan perkuliahan dengan harapan lulus tepat waktu dan mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3.00. “Besar harapan kami para mahasiswa bisa melangsungkan perkuliahannya dengan sebaik mungkin sehingga memiliki IPK yang optimal,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, instruktur PLBA, Dr. Fauziyah, MMSI. mengatakan, nantinya mahasiswa haru aktif berkolaborasi dengan dosen pembimbing akademik sehingga dapat menyelesaikan bebasn studi tepat waktu yakni 4 tahun. Sementara itu, selama di kelas mahasiswa baru terlihat antusias dan memiliki respon yang positif mengikuti PLBA. “Semoga mahasiswa punya disiplin yang tinggi agar beban studi di tiap semester terlampaui dan bisa selesai tepat waktu di program studi masing-masing,” ujar Fauziyah yang juga dosen Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika.

Salah satu peserta PLBA, Fahli Agung mengatakan, dengan adanya PLBA ini ia jadi mengetahui sistem kehidupan kampus seperti apa yang akan dijalaninya selama 4 tahun ke depan. Selain itu, juga mendapatkan relasi dari berbagai macam program studi.

“Ini adalah kegiatan yang bagus ya, banyak pelajaran yang saya dapatkan. Dapat teman-teman baru juga dari lintas prodi. Dibandingkan acara ospek yang biasanya ada, PLBA ini lebih bermanfaat menurut saya,” kata mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi itu.

PLBA ini merupakan salah satu syarat untuk menambah poin Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang akan dilampirkan bersama dengan Ijazah pada saat kelulusan. Sehingga nantinya sertifikat tersebut dapat menjadi portofolio mahasiswa guna memasuki dunia pekerjaan. Adapun materi yang diberikan oleh para instruktur yakni Akademik & Kemahasiswaan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, serta ke Unas-an & Hak dan Kewajiban.

You May Also Like