Pengambilan Keputusan Taktis Menggunakan Strategi dan Komunikasi di Bidang Akuntansi Manajemen

Jakarta (UNAS) – Dalam kaitannya dengan pembelajaran guna menunjang kegiatan akademik bukan hanya tugas dosen, namun juga dibutuhkan peran aktif mahasiswa. Program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional melalui himpunan mahasiswa secara konsisten melaksanakan kegiatan yang mendukung kegiatan akademik.

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himaksi) FEB UNAS melaksanakan kegiatan discussion with Himaksi pada Kamis (1/10) secara virtual yang diangkat salah satu buku dosen FEB UNAS. Kegiatan ini memiliki tema “Pengambilan Keputusan Taktis Menggunakan Strategi dan Komunikasi di Bidang Akuntansi Manajemen”.

Ketua Pelaksana Winky Trisiya Fitri menyampaikan sebagai sosok pelajar memerlukan tukar pendapat serta belajar memecahkan persoalan yang sarat terjadi di lingkungan akademik, sosial, hukum dan lainnya. Dengan jiwa kepekaan diharapkan para peserta dapat memperoleh ilmu dalam kajian kesempatan kali ini.

Sementara, Ketua Himaksi FEB UNAS Abd. Muiz Kurniawan Syah mengatakan, “Diskusi Himaksi ini merupakan kegiatan untuk mahasiswa akuntansi serta manajemen sehingga nantinya kita bisa menambahkan wawasan dan ilmu tentang isi dari buku manajemen,” ujarnya.

Dr. Bambang Subiyanto, S.E., M.Ak, CPA.

Dihadiri serta kegiatan dibuka langsung oleh Kaprodi Akuntansi FEB UNAS Dr. Bambang Subiyanto, S.E., M.Ak, CPA.Beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Himaksi memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh cara pembelajaran serta sudut padang yang ditulis oleh pengarang. “Saya berharap semoga kegiatan seperti ini dapat dijadikan budaya akademik di UNAS dan diikuti oleh penulis muda yang berbakat, para dosen serta mahasiswa,” tutur Bambang.

Sebelum diskusi, terdapat bedah buku mengenai management accounting yang ditulis oleh Assc. Prof. Dr. I Made Adnyana, S.E., M.M., selaku narasumber dan dosen senior FEB UNAS. Kegiatan yang dimoderatori oleh Arni Karina, S.E., M.Si., ini sebagai sumber ilmu mengenai pengambilan keputusan taktis di dalam perusahaan atau sebuah entitas bisnis yang menjadi hal sangat penting bagi berjalannya usaha.

Assc. Prof. Dr. I Made Adnyana, S.E., M.M.

“Hal tersebut kita pelajar secara detil di dalam akuntansi biaya atau akuntansi manajemen. Karena hal tersebut dapat menyangkut penentuan tarif atau cost of goods sold sebuah barang atau jasa yang kemudian nanti akan berdampak kepada keputusan perusahaan. Atas bagaimana penetapan harga, persaingan bisnis yang dihadapi, pengelolaan SDM nya, hingga berdampak kepada tata kelola perusahaan secara keseluruhan,” tutur Arni mengawali pemaparan narasumber.

Konten dari buku yang diambil mengenai pengambilan keputusan taktis dalam perusahaan. “Ini sama dengan yang disebut dengan biaya relevan atau diferensial costatau pengambilan keputusan jangka pendek,” ujar Made. Ia menjelaskan lebih lanjut, yaitu ketika pengambilan keputusan yang harus dilakukan segara jika perusahaan ingin menerima order di luar dari kapasitas normal.

Adapun tujuannya adalah bagaimana kita mendeskripsikan suatu model pengambilan keputusan dan bagaimana model itu bisa digunakan sebagai sumber daya dalam penilaian relevansi. Kemudian sebagai konsep pengambilan keputusan baik keputusan rutin maupun keputusan khusus serta menjelaskan dampak biaya terhadap keputusan penetapan harga.

Dalam membuat suatu keputusan yang, Made menyampaikan setidaknya ada 6 langkah yang perlu direkomendasikan yaitu kenali dan defisiniakan masalah, identifikasi setiap alternatif sebagai solusi yang layak, elimiasi yang tidak layak, dan identifikasi biaya dan manfaat yang berkaitan dengan alternatif yang layak. Kemudian, hitung total biaya dan manfaat yang relevan dari masing-masing alternatif, nilai faktor-faktor kualitatif dan terarkhir, pilih alternatif yang menawarkan manfaat tebesar secara keseluruhan.

Kegiatan ini mendapat antusias yang baik dari mahasiswa akuntansi dan manajemen dengan berjalannya diskusi pada akhir acara. Serta, Made memberi apresiasi kegiatan ini sebagai penunjang akademik mahasiswa. (*ARS)

You May Also Like