Melalui Puisi, Muhammad Qusayri Membawa Nama Baik Universitas Nasional

Jakarta (UNAS) – Muhammad Qusayri, Mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional berhasil meraih Juara 1 Membaca Puisi Tingkat Nasional. Melalui lomba yang diselenggarakan oleh Departemen Sastra UIN Syarif Hidayatullah, Qusayri membawakan puisi karya Sapardi Djoko Darmono.

“Selamat Pagi Indonesia” merupakan judul puisi yang dibawakan oleh mahasiswa angkatan 2020 itu. Menurutnya, puisi tersebut menggambarkan tentang lingkungan masyarakat di perkampungan pada pagi hari. Menceritakan pagi saat suasana masyarakat yang sedang beraktivitas.

“Terus bicara tentang semangat-semangat. Bisa dibilang kayak orang kampung itu lebih sederhana sebenarnya ketimbang orang-orang kota yang kalau pergi bekerja itu terlalu cemas. Tapi kalau mereka (orang kampung) nyangkul pun senang,” ujar Qusayri kepada tim Humas UNAS.

Penyelenggaraan lomba telah dilaksanakan pada Juli 2021 lalu. Secara daring, Qusayri membacakan puisi dengan pembawaan yang menggambarkan suasana tersebut. “Tidak terlalu tingi atau atau tidak terlalu emosional,” jelasnya mengenai intonasi pembacaannya saat itu.

Ia juga berharap Universitas Nasional dapat terus mendukung kegiatan-kegiatan non akademik khususnya dibidang kesenian. Agar minat dan bakat mahasiswa dapat terus terasah. Serta semakin banyak karya yang dapat dibawakan untuk mengharumkan nama almamater.

Selain itu, bagi teman-teman mahasiswa, Qusayri berpesan untuk tetap berkarya meskipun ada hambatan baik dari internal maupun eksternal kampus. “Buat temen-temen kalau mau berkarya, berkarya saja apapun hambatannya,” ungkapan singkat dari Qusayri. (*ARS)

You May Also Like