Klasterisasi Unas, Dosen Persiapkan Learning Material di LMS SPADA

Jakarta (Unas) – Sehubungan pemenuhan klasterisasi Universitas Nasional (Unas) tahun 2020 dalam pembelajaran daring di LMS SPADA, para dosen melakukan persiapan beberapa learning material, pada Jumat (19/03).
 
Dilansir dari spada.kemdikbud.go.id, Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) merupakan layanan pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui konten pembelajaran yang berkualitas menggunakan electronic learning atau e-learning. 
 
Sarana tersebut dapat digunakan sebagai media utama penyampaian materi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar yang diatur melalui suatu sistem manajemen pembelajaran atau Learning Management System (LMS). 
 
Kepala Bidang Implementasi SPMI dan SPME Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unas, Ir. Endah Tri Esti Handayani, M.M.S.I., mengatakan, pembelajaran daring LMS SPADA merupakan salah satu pemenuhan dalam klasterisasi perguruan tinggi yang dilakukan secara rutin. Klasterisasi ini merupakan pengelompokan perguruan tinggi sesuai dengan level perkembangannya. 
 
“Dengan adanya pengelompokan ini dapat memperlihatkan tentang kedudukan dan kualitas kinerja perguruan tinggi. Terdapat empat aspek yang dinilai yakni sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan (proses), capaian kinerja jangka pendek (output), dan capaian kinerja jangka panjang (outcome),” jelasnya dalam pelatihan persiapan learning material SPADA, di Ruang Teater Unas. 
 
Guna meningkatkan klaster Unas melalui pembelajaran daring tersebut, Endah menuturkan BPM akan terus mengawasi dan melakukan monitoring kepada para dosen. Menurutnya, keberhasilan proses pembelajaran daring dapat tercapai dengan tersedianya learning material yang berkualitas dan sesuai dengan format pembelajaran secara daring. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Evaluasi Capaian dan Pengembangan Standar Mutu BPM, Muhani, S.E., M.Si.M., mengatakan, adapun beberapa learning material yang harus dilengkapi dosen yakni peta program, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), serta materi pembelajaran berupa teks dan video. 
“Dosen yang hadir dalam kegiatan LMS SPADA tahap satu ini harus memiliki kelengkapan learning material yang dibutuhkan sebelum perkuliahan semester genap tahun 2020/2021 dimulai pada hari Senin, tanggal 22 Maret 2021,” katanya.(NIS)

You May Also Like