Forum Diskusi : Design and Prototyping Gaming Application with Unity

Jakarta (UNAS) – Tentu banyak dari kita sudah pernah bermain game ataupun mendengar kata game. Tapi tidak semua orang tau cara bagaimana membuat game tersebut. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Nasional (UNAS) mengadakan Forum Diskusi dengan topik Design and Prototyping Gaming Application with Unity.

Program studi Sistem Informasi khususnya di UNAS memiliki tiga program kekhususan yaitu database programming, sistem informasi multimedia, dan sistem informasi enterprise. Materi kuliah terkait pemrograman game ada pada program kekhususan sistem informasi multimedia. Namun kegiatan ini diselenggarakan untuk umum secara daring melalui aplikasi Zoom.

Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI.

Seperti yang diharapkan oleh Sekretaris Prodi Sistem Informasi Ira Diana Sholihati, S.Si., MMSI., agar para peserta betul-betul dapat menerima ilmu dari forum diskusi ini. “Saya harap timbalah ilmu sebanyak-banyaknya kemudian bisa dishare nanti ke teman-teman yang lain,” ujar Ira saat memberikan sambutan. Terdapat juga sambutan dari Ketua HIMASI Ilham Rachmandityo.

Melalui himpunan, forum diskusi yang diselenggarakan ini memiliki peran dalam mendukung literasi mahasiswa di industri teknologi informasi, menurut Andriningsih, S.Kom., MMSI. sebagai narasumber pertama. “Teman-teman himpunan mewakili mahasiswa mengadakan ini maksud dan tujuannya, salah satunya mengembangkan diri para mahasiswa untuk nantinya bisa terjun ke dunia profesional,” ucap Andriningsih.

Andriningsih, S.Kom., MMSI.

Ia menjelaskan aplikasi Unity secara umum serta memberikan contoh dari game-game yang banyak digemari. Selain itu, Andriningsih juga mengingatkan bahwa ilmu dari forum diskusi ini sangat berguna karena terdapat di salah satu mata kuliah seperti mobile programming.

Pada forum diskusi ini, selain teori para peserta diminta untuk ikut mempraktekkan pembuatan game sederhana yang dipandu langsung oleh narasumber kedua, Anjar Aditya Pratama yang saat ini bekerja sebagai Game Engineer di Shopee Indonesia.

Forum diskusi ini dibagi menjadi empat sesi selama 4 hari yang dilaksanakan pada tanggal 13, 15, 17 dan 20 September 2021. Untuk mengikuti kegiatan ini terdapat beberapa persyaratan minimum yang dibutuhkan seperti sistem operasi, kartu grafis, hardisk dan ram dengan ketentuan yang ditetapkan.

Anjar Aditya Pratama

Dengan tema “Make your own game with Unity”, pada sesi pertama Adit, sapaan akrabnya, menjelaskan mengenai teori singkat game dan hyper casual game, prasyarat kemampuan dasar dalam pengembangan game menggunakan Unity. Kemudian pengenalan dasar Unity dan tempilan user interface Unity.

Pada sesi kedua membahas mengenai istilah dasar Unity seperti game object dan component, transform, serta physics. Sedangkan pada sesi ketiga para peserta dijelaskan materi mengenai komponen obstacle atau pipa dalam game, cara membuat gameover, dan perolehan skor dalam game. Kemudian pada sesi keempat para peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil game yang telah dibuat selama mengikuti forum diskusi ini. (*ARS)

You May Also Like