Fakultas Pertanian – PT. Jakaruta Global Grup, Ajak Mahasiswa Aktif Magang di Negeri Sakura  

Jakarta (Unas) – Fakultas Pertanian Universitas Nasional (Unas) kerja sama dengan PT. Jakaruta Global Grup sosialisasikan program magang di Jepang kepada mahasiswa semester akhir.  Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M. Agr mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program magang kepada mahasiswa Pertanian Unas, yang menjadi salah satu syarat kelulusan.

Kami dari fakultas sangat membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin melakukan magang di Jepang, ini merupakan kesempatan yang baik bagi mereka untuk bisa upgrade skill di bidang pertanian,” jelasnya melalui zoom meeting, pada Rabu (20/01).

Sebelumnya, lanjut Inkorena, fakultas pertanian Unas juga telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan Jepang dalam kegiatan magang mahasiswa. Oleh karena itu, program magang di Jepang kali ini bukanlah pertama kalinya bagi fakultas pertanian Unas.

Head Internship Program & Marketing Dept PT. Jakaruta Global Grup, Andhika Irdianto mengatakan, adapun manfaat yang dapat diperoleh mahasiswa pertanian dengan magang di Jepang antara lain, pembentukan karakter, mandiri, belajar disiplin dan cara bekerja orang Jepang, serta kesempatan untuk mempelajari dan mempraktikkan secara langsung ilmu yang dipelajari di bidang pertanian.

“Selain itu, mahasiswa juga dapat memperoleh kesempatan untuk mengisi peluang kerja di Indonesia dengan skill yang didapatkan di Jepang sesuai ilmu yang dipelajari dengan kemampuan bahasa Jepang, juga kesempatan mengisi peluang kerja di Jepang dalam bidang Shurou Visa, Tokutei, dan Ginou Jisshuu,” tuturnya.

Ia melanjutkan, adapun program magang di Jepang bagi mahasiswa pertanian dibagi dalam tiga bidang yakni budidaya sayuran, budidaya beras, dan pengolahan hasil panen. “Ada tiga bidang yang akan dilibati. Para mahasiswa akan mengikuti mulai dari proses pengolahan tanah, penebaran benih dan pupuk sampai pada pengolahan hasil panen,” jelasnya.

Sementara itu, Andhika mengatakan beberapa alur program magang di Jepang yang harus dilalui mahasiswa. Mulai dari seleksi wawancara, pengiriman CV peserta ke Jepang, wawancara dengan user Jepang, pembagian lokasi magang dari pihak Jepang, pengurusan dokumen magang, pengiriman dokumen ke Jepang, pengumuman turunnya CoE, pembuatan visa, serta yang terakhir ialah keberangkatan.  

Sama seperti tahun sebelumnya, program magang di Jepang ini memiliki persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Menurut Andhika, peserta harus dari mahasiswa aktif S1 jurusan pertanian semester 4, 5, atau 6, tidak memiliki riwayat atau sedang mengidap penyakit berat, bersedia mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Jepang, serta kesiapan dokumen yang bersangkutan dengan universitas dan pribadi. PT. Jakaruta Global Grup merupakan pengembangan perusahaan Jakarta Gengogakuin yang berdiri pada September 2019 dalam bidang Tokutei Ginou, Jisshuu, serta Program Kerja ke Jepang. 

You May Also Like