BPM Unas Laksanakan Audit di Tiga Prodi FIKES

Jakarta (Unas) – Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Nasional (Unas) laksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada tiga prodi di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Unas. Prodi tersebut ialah Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan, Prodi Pendidikan Profesi Ners, dan Prodi Sarjana Keperawatan. Kegiatan ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom, pada Selasa hingga Kamis (15-17 Desember 2020).
Dalam sambutannya, Kepala BPM Unas, Dr. Erna Ernawati Chotim, M.Si. mengatakan, tujuan audit sendiri dilakukan untuk mengetahui kesesuaian atau ketidaksesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen mutu dan peraturan yang berlaku.
“Tak hanya itu, audit ini juga dapat mengevaluasi kapabilitas dari sistem manajemen mutu, mengevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu, serta mengidentifikasi peluang perbaikan sistem manajemen mutu,” jelasnya.
Sebelum audit lapangan, BPM telah melakukan Audit Plan terlebih dahulu. Kemudian, dilanjutkan dengan persiapan audit dan rapat audit dengan tim auditor di bawah BPM. Dengan dilakukan AMI, maka FIKES Unas dinyatakan sudah lengkap mendapatkan audit internal Unas. Prodi Pendidikan Profesi Ners sendiri sudah diaudit beberapa bulan sebelumnya.
Dalam audit, kegiatan selanjutnya adalah Pengisian Self Evaluasi oleh Program studi sebagai Auditee, lalu dilakukan Audit Dokumen oleh Tim Auditor. Setelah itu, dilanjutkan dengan Audit Lapangan. Kegiatan ini juga turut dihadiri Dekan Fikes Unas, Dr. Retno Widowati., M.Si.
Pelaksanaan Audit Lapangan AMI pada Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan dilaksanakan tanggal 15 Desember 2020, yang diketuai oleh Muhani, SE, M. Si.M sebagai lead Auditor, Rahmat Kurniady sebagai Anggota Auditor. Sementara peserta audit adalah Ka Prodi Kebidanan, Sek Prodi Kebidanan, didampingi oleh Kepala UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.
Pelaksanaan Audit Lapangan AMI pada Prodi Pendidikan Profesi Bidan dilaksanakan tanggal 16 Desember 2020. Kegiatan ini diketuai oleh Ir. Endah Tri Esti Handayani, MMSi sebagai Lead auditor, Risza Choirunnisa S.SiT, M.Kes sebagai anggota Auditor dengan peserta Audit Ka Prodi Profesi Bidan, Sek Prodi Profesi Bidan, didampingi oleh Kepala UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.
Sementara, pelaksanaan Audit Lapangan AMI Prodi Sarjana Keperawatan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2020. Audit diketuai oleh Dr. Zumratul Meini, S.E, M.S.E., M.S.AK sebagai Lead Auditor, Ni Larasati K, M.Si sebagai anggota Auditor dengan peserta Audit Kepala Prodi Keperawatan, Sek Prodi Keperawatan, didampingi oleh Ka. UPM, Dekan, Wakil Dekan serta bagian lain yang terkait yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.
Setelah selesai kegiatan audit lapangan, auditee akan menerima laporan Audit untuk dapat ditindaklanjuti pada rapat tinjauan manajemen untuk perbaikan selanjutnya.(*)

Mungkin Anda Menyukai