A.   Visi dan Misi Unit Pelaksana Teknis Marketing & Public Relations Universitas Nasional (UPT-MPR UNAS)

A.1. Visi UPT-MPR Universitas Nasional

Menjadi bagian kemahasiswaan yang unggul dalam pelayanan pembinaan, dan pengelolaan kegiatan kemahasiswaaan, ekosistem kewirausahaan , pembangunan citra positif dan pelayanan kesehatan untuk mendukung tercapainya akreditasi internasional menuju world class university pada tahun 2025 

A.2. Misi UPT-MPR Universitas Nasional

Berdasarkan visi yang hendak dicapai UNAS, maka misi UPT-MPR Universitas Nasional adalah:

  1. Mengembangkan strategi marketing/promosi yang efektif dengan mengoptimakjan sumber daya manusia dan teknologi;
  2. Mempublikasikan kegiatan belajar mengajar, pengabdian kepada masyarakat serta penelitian yang diselenggarakan oleh UNAS yang berorientasi pada peningkatan minat calon peserta didik;
  3. Menciptakan Sumber daya manusia yang berkompeten di bidang marketing dan publikasi;
  4. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama dengan masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan industri, media, lembaga pendidikan lembaga kursu dalam rangka perluasan akses, penguatan daya saing dan pencitraan publik;

B.  Tujuan UPT-MPR Universitas Nasional

Berdasarkan misi yang hendak dicapai UNAS, maka tujuan UPT-MPR Universitas Nasional adalah:

  1. Terlaksananya program marketing yang efektif oleh SDM yang kopenten dengan bantuan teknologi moderen;
  2. Tercapainya dokumentasi dan publikasi kegiatan Universitas Nasional yang efektif di media massa dengan teknologi digital atau konvensional;
  3. Terciptanya Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam bidangnya;
  4. Terbinanya hubungan harmonis antara organisasi dengan publik, baik publik internal maupun eskternal ;

C.  Sasaran UPT-MPR Universitas Nasional

Berdasarkan misi yang hendak dicapai, maka sasaran mutu kegiatan UPT-MPR Universitas Nasional adalah:

  1. Meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang sesuai target ditetapkan oleh Universitas Nasional;
  2. Meninkatkan citra prositif Universitas Nasional terhadap pemirsa media digital ataupun media konvensional;
  3. Dengan Sumber Daya Manusia yang berkompeten akan meningkatkan kulitas pelayanan untuk menarik mahasiswa baru;
  4. Tumbuhnya kepercayaan publik kepada Universitas Nasional;

D. Deskripsi Tugas UPT-MPR Universitas Nasional

  1. Merumuskan pedoman sistem penjaminan mutu unit UPT-MPR Universitas Nasional dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
  2. Merumuskan strategi UPT-MPR Universitas Nasional berjangka menengah (3-5 tahun) untuk dikaji dan ditetapkan oleh pimpinan;
  3. Merumuskan rencana kerja, target dan anggaran per semester atau tahunan untuk diputuskan oleh pimpinan
  4. Merumuskan kajian atau penelitian di bidang UPT-MPR Universitas Nasional (antara lain potensi pasar, perilaku konsumen dan perbandingan produk dan biaya kuliah perguruan tinggi pesaing);
  5. Mempublikasikan aktivitas universitas ke media massa;
  6. Membina hubungan baik dengan kalangan pers, antar perguruan tinggi, pemerintah dan swasta (termasuk industri) dalam kerangka UPT-MPR Universitas Nasional;
  7. Melakukan dokumentasi kegiatan universitas;
  8. Menyiapkan profil universitas dan unit-unit dengan produk video, cetak, website secara ekslusif;
  9. Menyiapkan brosur, kalender, cenderamata universitas;
  10. Melaksanakan promosi dan sponsorship untuk merekrut mahasiswa baru dan mengembangkan citra positif;
  11. Membina hubungan baik dengan warga lingkungan sekitar kampus;
  12. Mengelola desain, manajemen konten, dan updating informasi pada website Universitas Nasional;
  13. Mengelola penerbitan bulletin cetak Universitas Nasional yang terbit sebulan sekali;
  14. Mengelola pelayanan counter pendaftaran mahasiswa baru;
  15. Mengolah informasi masukan, kritik dan saran dari publik internal dan eksternal universitas;
  16. Menggunakan anggaran secara efisien dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran.

E. Deskripsi Wewenang UPT-MPR Universitas Nasional

  1. Menerapkan pedoman sistem penjaminan mutu unit UPT-MPR Universitas Nasional dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
  2. Menyampaikan laporan strategi UPT-MPR Universitas Nasional kepada pimpinan;
  3. Menyampaikan rencana kerja UPT-MPR Universitas Nasional kepada pimpinan dan melaksanakan seluruh aktivitas yang termuat dalam rencana kerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan;
  4. Menyampaikan hasil kajian atau penelitian kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait;
  5. Menilai news value kegiatan, mengundang pers dan membiayai transport atau cenderamata kepada pekerja pers, serta menyampaikan hasil publikasi media kepada pimpinan dan unit terkait;
  6. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak eksternal;
  7. Menetapkan standar dokumentasi dan memenuhi material dokumentasi (contoh cetak foto, edit video);
  8. Desain dan produksi profil dan pengawasan langsung kepada supplier;
  9. Desain dan produksi brosur, kalender dan cenderamata dan mendistribusikan;
  10. Menentukan sasaran dan aktivitas promosi, merekkrut mahasiswa magang secara efisien sesuai plafon anggaran dalam perencanaan;
  11. Menjalin komunikasi dan mensponsori dana kegiatan warga secara efisien;
  12. Menentukan desain, struktur konten, memasukkan/ memperbaharui informasi pada website Universitas Nasional;
  13. Menentukan desain, merekrut mahasiswa magang, memilih dan menentukan berita yang dimuat;
  14. Menetapkan standar pelayanan prima, merekrut mahasiswa magang dan melayani pengunjung sesuai jam kerja;
  15. Menerima, menolak atau merevisi rencana anggaran teknis dengan berpedoman pada perencanaan anggaran periodik.

F. Strategi UPT-MPR Universitas Nasional

  1. Peningkatan mahasiswa baru dan peningkatan kualitas input mahasiswa;
  2. Peningkatan Jumlah Publikasi;
  3. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di bidang MPR;
  4. Menjalin kerja sama dengan lembaga/organisasi baik internal maupun eskternal;