
Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional (UNAS) melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di Ruang Seminar Lt. 3, Gedung Menara UNAS, Ragunan, Jumat (9/5/2025). RTM yang diselenggarakan ini dikhususkan bagi Unit Penjaminan Mutu tingkat Fakultas maupun tingkat Lembaga/Badan/Biro/UPT/Kantor. Adapun topik yang dibahas adalah temuan-temuan yang diperoleh melalui kegiatan Audit Mutu Internal (AMI).
“Pertemuan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk mengevaluasi dan merefleksikan perjalanan sistem penjaminan mutu yang telah kita implementasikan bersama,” ujar Kepala BPM UNAS Dr. Muhani, S.E.. M.Si.M. dalam sambutannya.
Ia melanjutkan bahwa sebagai institusi yang berkomitmen pada excellence, UNAS telah menempuh perjalanan panjang dalam membangun budaya mutu yang terintegrasi dalam setiap aspek operasional. Rapat tinjauan manajemen ini untuk memastikan bahwa sistem yang telah dijalankan beroperasi sesuai standar dan secara berkelanjutan mengalami perbaikan.
Lebih lanjut, Muhani mengatakan bahwa dunia pendidikan tinggi saat ini berada dalam era kompetisi global yang semakin ketat. Kemampuan untuk menjamin dan meningkatkan mutu secara sistematis menjadi faktor pembeda yang menentukan keberlanjutan dan kesuksesan institusi kita. Muhani juga menekankan bahwa persaingan yang sehat adalah kunci dalam perjalanan perbaikan berkelanjutan yang ditempuh.
“Persaingan yang sehat bukanlah tentang mengalahkan yang lain dengan cara apapun, tetapi tentang bagaimana kita secara konsisten mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang kita miliki untuk mencapai standar tertinggi. Persaingan yang sehat mendorong kita untuk melihat praktik terbaik di luar sana, belajar dari keberhasilan dan kegagalan, serta terus berinovasi dalam pendekatan penjaminan mutu kita,” katanya.
“Di internal institusi kita, saya mengajak seluruh Unit Penjaminan Mutu untuk membudayakan persaingan sehat antar unit dan departemen. Keberhasilan satu unit adalah inspirasi bagi unit lainnya, bukan ancaman. Ketika satu unit berhasil mencapai target mutu yang menantang, ini menjadi bukti bahwa yang lain juga bisa mencapainya, bahkan melampauinya,” tambah Muhani.
Ia pun mengajak, agar momentum RTM ini digunakan untuk memperkuat komitmen dalam membangun budaya mutu yang berorientasi pada perbaikan berkelanjutan. “Dengan semangat persaingan yang sehat dan kolaborasi yang kuat, saya yakin institusi kita akan terus melaju dalam mewujudkan visi menjadi pusat keunggulan yang diakui secara global,” ucap Kepala BPM UNAS.
Pada kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi diantaranya yaitu, materi terkait bidang Penetapan Peningkatan Mutu yang disampaikan oleh Ns.Milla Evelianti Saputri, S.Kep., M.KM., CWCCA., materi terkait bidang Evaluasi dan Pengendalian Mutu yang disampaikan oleh Kiki Buhori, S.Kom., M.Kom.
Kemudian, materi mengenai bidang Sistem Informasi Penjaminan Mutu oleh Asyiq Nur Muhammad, S.Kom., M.Kom., dan materi tentang bidang Implementasi SPME oleh Mia Handini, S.T., MMSI.
Usai ishoma kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Pedoman dan Penyusunan SOP yang disampaikan oleh Ns.Milla Evelianti Saputri, S.Kep., M.KM., CWCCA. Setelah itu penyampaian kesimpulan dan rekomendasi hasil dari temuan AMI yang disampaikan oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr. Muhani, S.E.. M.Si.M.
Pada akhir acara juga diumumkan penghargaan kepada Tim UPM Fakultas Terbaik dan Tim UPM Lembaga/Badan/Biro/UPT/Kantor Terbaik. (*DMS)