Jakarta (UNAS) – Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (FISIP UNAS) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Relevant Communication: Building Trust and Connection in The Digital Age” pada Sabtu (11/01/2025) di Ruang Seminar Menara UNAS, Ragunan. Kegiatan ini menghadirkan Corporate Director PT Intiland Development Tbk, Theresia Rustandi, sebagai pembicara utama.
Dalam paparannya, Theresia menjelaskan pentingnya strategi komunikasi yang efektif, relevan, dan transparan dalam membangun kepercayaan di era digital. Ia menegaskan bahwa strategi semacam ini dapat menciptakan kepercayaan publik yang berkelanjutan.
“Era digital membawa tantangan baru bagi kita. Namun, di sisi lain, hal ini juga membuka peluang untuk menjangkau dan membangun kepercayaan publik yang lebih luas,” ujar mantan wartawan dan Pemimpin Redaksi Majalah REI tersebut.
Theresia menambahkan, ada empat prinsip utama dalam membangun kepercayaan di era digital, yaitu Clarity, Consistency, Empathy, dan Authenticity. “Publik membutuhkan informasi yang jelas dengan bahasa sederhana, konsistensi dalam penyampaian pesan, empati yang memahami kebutuhan mereka, serta kejujuran dari informasi yang diberikan,” paparnya.
Sementara itu, Sekretaris Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Drs. Adi Prakosa, M.Si., mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kuliah umum pertama yang diadakan oleh program studi tersebut.
“Tema ini sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa saat ini, khususnya dalam membangun kepercayaan dan komunikasi yang efektif di tempat kerja, terutama di era digital,” ujarnya.
Adi berharap diskusi dalam kuliah umum ini dapat ditindaklanjuti melalui penelitian, seminar, atau kegiatan lainnya yang memberikan nilai tambah bagi program studi dan mahasiswa.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr. Yuri Alfrin Aladdin, yang bertindak sebagai moderator, serta mahasiswa dari konsentrasi Komunikasi Politik dan Corporate Communication.(MPR)