Jakarta (UNAS) – Visitasi akreditasi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tim asesor untuk melakukan pengamatan lapangan, wawancara, dan verifikasi data pendukung. Tujuannya untuk meningkatkan keabsahan dan kesesuaian data, serta memperoleh informasi yang akurat dan valid untuk menetapkan perangkat akreditasi.
Pada Senin dan Selasa, (11-12 November 2024), dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri bidang program studi Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM), yaitu Prof. Dr. Maman Abdurrohman, S.T., M.T. (Universitas Telkom) dan Dr. Sastya Hendri Wibowo, S.Kom., M.Kom. (Universitas Muhammadiyah Bengkulu), melakukan asesmen lapangan atau visitasi ke Universitas Nasional (UNAS) dalam rangka Reakreditasi Program studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika.
Kegiatan visitasi ini, diawali dengan penyambutan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. kepada dua asesor dari LAM INFOKOM di Ruang 108 Rektorat. Setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa fasilitas kampus dan fakultas seperti Cyber Library, Ruang Dekan dan Wakil Dekan, Ruang Dosen, Ruang Rapat Fakultas, Ruang Sekretariat, Sentra Pelayanan Akademik, serta Laboratorium.
Turut hadir dalam kegiatan asesmen lapangan ini, Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika UNAS Dr. Agung Triayudi, S.Kom, M.Kom., Wakil Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Ir. Endah Tri Esthi, MMSI., Ketua Program Studi Sistem Informasi Dr. Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I., Sekretaris Program Studi Sistem Informasi Frenda Farahdinna, S.Kom., M.Kom., Kepala Badan Penjamin Mutu UNAS Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., para Ketua program studi dilingkungan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika UNAS serta para Kepala/ketua Biro/Badan/ Lembaga dan UPT.
Adapun Aspek yang dinilai oleh LAM INFOKOM meliputi sembilan aspek diantaranya yaitu, (1) Visi, Misi, Tujuan dan Strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M. menyampaikan selamat datang kepada dua asesor LAM INFOKOM yang bertugas untuk melakukan asesmen lapangan terhadap Program studi S1 Sistem Informasi. Ia melanjutkan bahwa pihaknya bersama tim, siap membantu asesor dalam proses asesmen lapangan agar berjalan dengan lancar dan baik. “Tentu kami dari UNAS akan membantu, apa yang dibutuhkan atau apa yang diperlukan oleh para asesor dalam proses asesmen lapangan ini,” ujarnya dalam pembukaan kegiatan asesmen lapangan, di Ruang Aula Blok 1 Lt. 4 UNAS.
Ia menambahkan bahwa asesmen lapangan adalah proses pencocokan dokumen yang sudah ditulis didalam LED maupun LKPS yang sudah dilaporkan kepada LAM INFOKOM. “Mudah-mudahan asesmen lapangan hari ini berjalan dengan lancar, dan kami bisa mendapatkan masukkan serta saran untuk pengembangan Program studi S1 Sistem Informasi kedepan serta kami juga bisa menindaklanjuti rekomendasi dari para asesor,” kata Prof. Suryono.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua tim asesor Prof. Dr. Maman Abdurrohman, S.T., M.T. menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dan ramah yang diberikan kepadanya serta kolega. Ia melanjutkan, bahwa pihaknya meyakini fakultas maupun program studi sudah mengetahui proses asesmen lapangan seperti apa. Ia pun percaya bahwa, pihak UNAS telah menjalankan audit mutu internal dengan baik. “Saya percaya, selama ini bapak ibu sudah menjalankan AMI (Audit Mutu Internal) yang harapannya itu menjadi budaya,” ujarnya.
Pada hari pertama proses akreditasi, kedua asesor memaparkan isian LED dan LKPS yang telah diisi oleh Fakultas maupun Program Studi dan menanyakan hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap bukti laporan. Sementara, Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika UNAS Dr. Agung Triayudi, S.Kom, M.Kom. dan Ketua Program Studi Sistem Informasi Dr. Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I. beserta tim akreditasi menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik.
Pada kegiatan ini juga dilakukan proses wawancara dengan beberapa pihak guna memperkuat bukti dari kriteria yang telah dikirimkan, antara lain (1) Dosen Program studi S1 Sistem Informasi, (2) Mahasiswa, (3) Alumni, (4) Tenaga Pendidik serta (5) Mitra Kerja Sama (User).
Pada hari kedua, visitasi pun dilanjutkan dengan penyerahan berita acara oleh asesor kepada Dekan atau Ketua Program Studi. Setelah penyerahan berita acara, kegiatan visitasi pun ditutup. Nantinya hasil asesmen lapangan akan diserahkan kepada LAM INFOKOM untuk dinilai dan ditetapkan nilai akreditasi untuk Program studi S1 Sistem Informasi yang berlaku selama lima tahun mendatang. Program studi S1 Sistem Informasi menargetkan dapat meraih akreditasi “Unggul” pada reakreditasi kali ini. (*DMS)