Jakarta (UNAS) – Dalam suasana libur lebaran 2024, Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Nasional (UNAS) tetap melayani seperti hari biasanya untuk bertugas menjaga Ruang PPMB dan melayani customer serta memberikan informasi pendaftaran terhadap customer yang berkunjung ke counter pendaftaran.

Kemudian, terdapat nama petugas piket yakni Kepala Bidang Pelayanan dan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, . Nur Wahidin, S.Kep., M.M dan Silvia Putri Nurhidayanti, S.H., M.H. Panitia bertugas di Ruang PPMB UNAS Blok 1 Lt.1, Senin – Rabu, (8-17/04).

Customer yang datang saat mencari informasi cukup ramai setiap harinya di dalam Ruang PPMB UNAS. Namun, tidak semua customer langsung daftar pada saat berkunjung. Karena, customer hanya ingin mencari informasi terkait pembiayaan di UNAS serta mempertimbangkan dengan pilihan lainnya,” tutur Kepala Bidang Pelayanan dan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru, Nur Wahidin, S.Kep., M.M., dalam wawancara dengan HUMAS UNAS.

Setelah itu, pelayanan yang diberikan oleh petugas piket kepada customer adalah memberikan informasi pendaftaran terhadap customer yang datang ke counter pendaftaran, pelayanan online menggunakan Whatsapp, menjawab pertanyaan customer dan mengatasi kendala yang dialami, seleksi data pendaftaran yang baru masuk saat pendaftaran, melakukan telemarketing menggunakan panggilan Whatsapp untuk calon mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran namun belum melakukan pembayaran biaya formulir dan mengatasi masalah pendaftaran secara langsung.

Nur Wahidin melanjutkan, melayani pendaftaran Mahasiswa baru saat libur lebaran dapat memberikan kesan dan pesan yang sangat beragam. Kesannya ialah bisa berupa rasa kesibukan yang intens namun juga bisa memberikan rasa bangga karena dapat membantu calon mahasiswa dalam memulai perjalanan akademik.

“Serta pesannya ini merupakan tanggung jawab, kerja tim dan kesabaran dalam menghadapi lonjakan jumlah pendaftar, serta pentingnya memberikan pelayanan yang ramah dan informatif meskipun dalam situasi libur,” imbuhnya.

Maka dari itu, tujuan panitia dalam melayani penerimaan mahasiswa baru adalah untuk memastikan proses penerimaan berjalan dengan lancar, adil, dan efisien. Nama petugas piket saat libur lebaran wajib bertanggung jawab untuk memberikan informasi yang jelas tentang persyaratan pendaftaran, memfasilitasi proses aplikasi, serta memberikan bantuan kepada calon mahasiswa dalam mengatasi kendala atau pertanyaan yang muncul selama proses penerimaan. (MPR)