Unas – Polissia National University Ukreina Sepakati Kerjasama Bidang Biologi & Pertanian

Universitas Nasional di Jakarta secara resmi menandatangani kesepakatan kerja sama dengan universitas luar negeri, yaitu Polissia National University Ukreina. Kerja sama ini meliputi pendidikan dan penelitian untuk dua bidang keilmuan: Biologi dan Pertanian.

Acara penandatanganan dilaksanakan Rabu (25/11/2020) dan dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Nasional, Dr. El Amry Barmawi Putera, M.A. dan Rektor Polissia National University Ukraina, Prof. Dr. Oleh Skydan melalui via zoom.

Pada pelaksanaan acara ini dilakukan secara daring (online), dihadiri pula  dalam acara ini adalah pejabat penting di kedua Negara, dan civitas akademika masing-masing universitas. Dari pihak pemerintah Indonesia di Ukreina, diwakilkan oleh  Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.H., S.E., M.E., selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukreina, Armenia dan Georgia. Dan sementara dari pemerintahan Republik Ukreina, hadir Mr. Arthem Kunaev and Mr. Arseniy Puskharenko, yang merupakan Members of Verkhovna Rada, yang sekaligus Members of Group of Interparlementary Relation Indonesia-Ukraine.

MoU yang berlangsung sore hari waktu Indonesia bagian barat  ini juga dihadiri oleh civitas akademika Unas, antar lain Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Zainul Djumadin, M.Si.; Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., lalu Dekan Fakultas Pertanian Unas Ir. Inkorena G.S. Sukartono, M.Agr.; serta Direktur Kerja Sama Internasional Unas J. Sugarjito, Ph.D dan Kepala Divisi Kerja Sama Luar Negeri Unas Dra. M.A. Inez Sapteno.

Sementara dari Polissia National University dihadiri langsung oleh Mr. Prof. Dr. Oleh Skydan, Rektor Polissia National University. Dalam sambutannya, Mr. Prof. Dr. Oleh Skydan menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan bisa menjalin kerja sama, dengan persiapannya selama dua bulan. “Saya berharap, Memoradum of Understanding (MoU) ini, akan segera dilaksanakan, saya juga perlu sampaikan bahwa beberapa waktu lalu, kami telah menyelesaikan kerja sama dengan dua negara untuk program double degree. Oleh karena itu, saya harap bisa segera terlaksana program ini dan bisa bertemu secepatnya dengan Rektor Unas. Ini merupakan titik awal kerja sama antara dua universitas dan kami juga banyak program belajar yang lain, yang mungkin bisa dilakukan kerja sama lainya di lain waktu,” kata Rektor Polissia National University.


Dr. El Amry Barmawi Putera, M.A.
Rektor Unas, Dr. El Amry Barmawi Putera, M.A. dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih bisa menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding antara Universitas Nasional dengan Polissia National University Ukreina secara virtual. Rektor Unas berharap kerja sama yang dijalin ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Secara khusus, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.H., S.E., M.E., selaku Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukreina, Armenia dan Georgia, yang telah membantu serta mendorong terwujudkan kerja sama ini,” ucapnya dengan bangga.

Disampaikan oleh Dr. El Amry Barmawi Putera, M.A, kerja sama ini bernilai sangat penting bagi Universitas Nasional terutama dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Kerja sama antara Universitas Nasional dengan Polissia National University, setidaknya mencakup dua bidang yakni bidang pendidikan dan penelitian. 

“Pada bidang pendidikan, kerja sama yang dibangun dalam bentuk pertukuran dosen dan mahasiswa. Program pertukaran dosen antara Universitas Nasional dengan Polissia National University merupakan langkah yang tepat, dalam rangka saling berbagi ilmu dan pengalaman, serta pertukuran informasi untuk mengembangkan diri dosen,” tambahnya.

Demikian juga dengan program pertukaran mahasiswa antara Universitas Nasional dengan Polissia National University, serta transfer kredit bagi mahasiswa dari kedua universitas untuk bisa kuliah baik di Universitas Nasional maupun di Polissia National University, merupakan langkah maju dalam rangka pengembangan ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa.

Sedangkan di bidang penelitian, antara Universitas Nasional dengan Polissia National University telah bersepakat untuk mengembangkan kerja sama penelitian, khusus di bidang pertanian maupun biologi, dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Karena itu, harapannya kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas. Sehingga, dapat memberikan manfaat bagi Universitas Nasional dan Polissia National University pada khususnya, serta bagi masyarakat pada umumnya,” ucapnya. Dalam penandatangan MoU ini, pihak Universitas Nasional diwakili langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Ukreina, Armenia dan Georgia, Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, S.H., S.E., M.E., Mr. dan Prof. Dr. Oleh Skydan, Rektor Polissia National University, Ukraina.(*)

You May Also Like