Tirulah China, Lawan Hollywood…

JAKARTA, KOMPAS.com – Sutradara peraih Golden Bear Award, Prof Xie Fei, dari Beijing Film Academy menuturkan film China berkembang karena hanya film Amerika yang maju ke permukaan. Saat Hollywood makin mendominasi di paruh 80-an, Pemerintah China ngotot untuk membina dan memperkuat perfilmannya.

“Perlu ada campur tangan pemerintah serta peraturan yang jelas mengenai perfilman sehingga bisa menyaingi Hollywood,” ujar Xie Fei pada acara Pemutaran Film Tiongkok dan Kuliah Umum 2016’ yang digelar Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Nasional (Unas), Senin (23/5/2016).

Kuliah umum tersebut diawali dengan menonton film bersama A Girl From Hunan (1986) yang disutradarai oleh Xie Fei sendiri. Film tersebut diangkat dari karya sastra dan mendapatkan banyak penghargaan seperti Won Golden Panda Award 1988 the 4th Montpellier International Film Festival France, Won Don Quixote Award 1988 – San Sabastian Film Festival Spain, dan nominasi pada Certain Regard 1987 dalam Cannes Film Festival.

“Sejak dulu film menjadi salah bagian penting bagi masyarakat, salah satunya adalah media edukasi dan hiburan. Perkembangan film pun semakin maju seiring perkembangan negaranya,” ujarnya.

Berita Selengkapnya: http://edukasi.kompas.com/read/2016/05/24/13214891/tirulah.china.lawan.hollywood.

You May Also Like