Sistem Informasi

Akreditasi B Berhak menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dan ujian secara mandiri

Selamat Datang di Program Studi Sistem Informasi UNAS

Kita hidup di era globalisasi informasi. Suatu era dimana kunci sukses memenangkan persaingan, terutama dalam bidang komersial, sangat ditentukan oleh kemampuan mengelola informasi beserta perangkat teknologinya. Maka, tidak berlebihan bila kita menganggap globalisasi telah membangkitkan revolusi dalam sistem informasi.

Dalam globalisasi, menyempitnya batas-batas geografis dan jarak komunikasi antar manusia telah membuka peluang sekaligus ancaman. Peluang, bagi perluasan usaha yang dapat berlangsung lebih efisien dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi (IT). Menjadi ancaman, karena banyaknya pesaing yang memasarkan produk dan jasa mereka melintasi batas bangsa dan wilayah meramaikan aktifitas perekonomian di Indonesia.

Saat ini dan di masa datang, kemampuan untuk terlibat aktif dalam revolusi sistem informasi sangat menentukan masa depan kesejahteraan bangsa serta sukses karir individual. Sayangnya, ketersediaan SDM untuk menunjang pembangunan sistem informasi di Indonesia, pada instansi pemerintah maupun lembaga swasta, masih minim dibandingkan kebutuhan nyata.

UNAS sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, mengundang generasi masa depan bangsa untuk memanfaatkan peluang menempuh studi Sistem Informasi. Dengan pengalaman yang mapan sejak 1949, UNAS berupaya menghasilkan Sarjana Sistem Informasi yang berkompeten dalam mengelola sistem informasi guna meraih karir cemerlang di lapangan industri, perkantoran maupun sebagai wirausahawan sekaligus berkontribusi terhadap pembangunan bangsa.

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi UNAS telah berbasis kompetensi dengan bobot kredit 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu minimal 7 semester atau 3,5 tahun. Sistem perkuliahan dilaksanakan secara terpadu yang mencakup: penjabaran teori, studi kasus, diskusi, presentasi, praktek laboratorium, praktek magang, penelitian serta evaluasi.

Mahasiswa akan meraih pemahaman dasar logika dan algoritma komputer, keahlian menggunakan sistem operasi Microsoft Windows dan Linux, perakitan instalasi dan jaringan komputer (networking), pengamanan komputer (computer security), pemanfaatan intranet dan internet, serta penguasaan bahasa Inggris dalam praktek pengelolaan sistem informasi.

Dalam hal mengelola data, mahasiswa akan memperdalam kemampuan data inventory, database berbasis Windows dan Linux, pemrograman JAVA berbasis objek, teknik pengolahan data terdistribusi, desain grafis, pengembangan citra dan komunikasi data.

Kemampuan mahasiswa dalam mengelola sistem informasi terapan dalam manajemen akan diraih melalui mata kuliah pengantar ekonomi dan perekonomian Indonesia; prinsip-prinsip manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen kualitas serta manajemen sumber daya manusia. Mahasiswa juga akan diperkaya pemahaman dasar akuntansi, akuntansi biaya, keasuransian, accounting software, serta paket program niaga.

Pada akhir masa perkuliahan, mahasiswa akan memperkuat kemampuan praktis dalam hal analisis dan perancangan sistem informasi, perancangan project management, penguasaan teknik simulasi dan pelaksanaan praktek uji coba implementasi.

Mahasiswa dapat memilih salah satu diantara dua program konsentrasi yang akan menunjang spesialisasi dalam keahlian sistem informasi.
1. Database Programming
Tahap-tahap pemrograman data yang meliputi masukan (input), penyimpanan, klasifikasi hingga tahap penyajian data yang terkomputerisasi membutuhkan programmer handal yang mampu merancang, memelihara serta mengamankan sistem informasi agar bekerja dengan baik. Dengan didukung perkembangan intranet dan internet, maka kinerja penyajian informasi yang lengkap, tepat waktu (real time), dan akurat akan menunjang pelayanan prima yang dapat memuaskan pengguna informasi. Mahasiswa akan meraih kompetensi spesialis database programming dalam mata kuliah:
– Data warehouse
– Object oriented database
– Web database

2. Management support
Pada dasarnya, pengambilan keputusan manajemen bertujuan untuk memecahkan masalah organisasi, baik yang terkait dengan kelemahan organisasi maupun upaya pengembangan. Proses pengambilan keputusan memerlukan dukungan informasi yang lengkap, real time dan akurat. Informasi tersebut selanjutnya akan menciptakan beragam alternatif penyelesaian masalah (problem solving) untuk diputuskan sebagai solusi terbaik. Guna menghindari pengambilan keputusan yang salah sasaran serta tidak efisien, maka perencanaan sistem informasi akan menunjang proses pengambilan keputusan. Mahasiswa akan meraih kompetensi spesialis management support dalam mata kuliah:

1. Perencanaan strategis sistem informasi
2. Sistem informasi pendukung keputusan

Sistem informasi manajemen online Memudahkan mahasiswa dalam mengurus administrasi akademik seperti dalam pengisian jadwal kuliah, pengecekan indeks prestasi, status keuangan dan informasi kampus lainnya melalui internet.

Menerapkan metode Student Centered Learning
Pemusatan belajar kepada mahasiswa dengan fasilitas multimedia dan internet untuk mengembangkan wawasan, membudayakan diskusi, kerjasama tim serta meningkatkan kreatifitas penyelesaian masalah.

Menjalin Kerjasama internasional bersama Universiti Kebangsaan Malaysia, Duke University USA, Hagoromo University Osaka, Jepang, Woosong University Korea serta universitas terkemuka lainnya dalam lingkup joint research, joint programs, pertukaran dosen dan mahasiswa serta beasiswa.

Fasilitas Memadai

  • Ruang kuliah ber-AC
  • Ruang kuliah student centered learning dilengkapi fasilitas multimedia dan internet
  • Laboratorium akuntansi
  • Laboratorium computer programming
  • Laboratorium Multimedia
  • Laboratorium networking
  • Sistem informasi manajemen online
  • Perpustakaan

Staf Pengajar Berkualitas
Para dosen terdiri dari profesional akademikus dan praktisi ahli yang berlatar pendidikan pascasarjana dari universitas terkemuka di dalam dan luar negeri.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Lulusan SLTA semua jurusan (IPA, IPS, SMK atau Madrasah Aliyah)
  • Membeli formulir pendaftaran
  • Fotokopi STTB dan NEM yang dilegalisir Kepala Sekolah untuk SLTA negeri dan Dinas Pendidikan untuk SLTA Swasta: 2 lembar
  • Pas foto: 2×3, 3×4 masing-masing: 2 lembar
  • Lulus ujian saringan masuk (bagi siswa kelas 3 SLTA bisa langsung mendaftar dan mengikuti ujian saringan masuk UNAS)

You May Also Like