Program Studi Ilmu Komunikasi Unas Kembali Jadi Favorit Ribuan Calon Mahasiswa Baru

JAKARTA – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional kembali dinobatkan sebagai program studi favorit bagi para calon mahasiswa baru yang sedang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN). Unas sebagai perguruan tinggi swasta tertua kedua di Indonesia dengan segudang prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional ini berada di urutan ke 59 dari 3.320 perguruan tinggi se – Indonesia tak heran jika Universitas Nasional masih menjadi incaran setidaknya bagi 859 calon mahasiswa baru.

Seperti dilansir dari Survei nasional Tempo selasa ( 11/4) menemukan 12 fakultas incaran favorit para calon mahasiswa. Survei dilakukan terhadap 859 responden yang keseluruhannya siswa SMA kelas XII. Masing-masing terdiri atas 260 siswa dari Jabodetabek, 120 siswa Bandung, 124 siswa DI Yogyakarta,122 siswa Surabaya, 115 siswa Medan, dan 118 siswa Makassar . Dari 859 responden, 61 persen siswa perempuan dan 39 persen laki-laki. Usia responden terdiri dari 18-19 tahun sebanyak 17 persen dan yang berusia 16-17 tahun sebanyak 83 persen.

Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional masuk kedalam kategori Universitas Swasta yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil Ilmu Komunikasi sebagai konsentrasi mereka. Selain jurusan Ilmu Komunikasi survei yang melibatkan siswa SMA kelas X11 ini juga turut menempatkan beberapa porgram studi yang saat ini masih memiliki daya tarik yang besar diantaranya adalah Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Akutansi, Hukum, Kedokteran Umum, Desain Komunikasi Visual, Psikologi, Manajemen, Hubungan Internasional, Teknil Sipil, Teknik Industri serta Teknik Mesin.

Tidak hanya bersaing dengan universitas negeri seperti UI, ITB, IPB,UNDIP, UGM dll Universitas Nasional juga harus bersaing dengan perguruan tinggi swasta lainnya seperti The London School of Public Relation (LSPR), Bina Nusantara ( BINUS), Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Unikom Bandung, Universitas Pancasila, Universitas Islam Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sementara itu ditemui diruang kerjannya Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNAS Yayu Sriwartini, S.Sos, M.Si mengungkapkan rasa kegembiraanya atas seluruh pencapaian yang telah diraih oleh Prodi Ilmu Komunikasi. Ia juga berharap agar kelak Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( FISIP ) sebagai wadah dari Ilmu Komunikasi semakin diminati dan dicintai oleh masyarakat luas.

“ Alhamdulillah puji syukur Prodi Ilmu Komunikasi kembali dinobatkan sebagai salah satu Prodi favorit versi survei tempo. Ini kali kedua setelah tahun 2016. Tentu saja ini hasil dari partisipasi dan kerja keras dan partisipasi seluruh civitas akademika di lingkungan Prodi Komunikasi Unas. Tidak lupa juga peran pimpinan fakultas dan universitas yang selalu mendukung berbagai kegiatan akademik/non akademik dosen dan mahasiswa. Saya berharap semoga prestasi ini menjadi stimulus dan penyemangat Prodi Komunikasi Untuk terus menorehkan prestasi-prestasi lainnya dengan lebih baik lagi. Semoga hal ini menjadikan Prodi Komunikasi, Fisip dan Unas semakin menjadi pilihan bagi masyarakat,” tutupnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.