Profil

Profil Marketing and Public Relations Universitas Nasional

 

UPT Marketing and Public Relations (MPR) merupakan unit khusus yang bertugas membantu Rektor dalam memasarkan dan memberikan informasi kepada publik tentang produk jasa yang dimiliki Universitas Nasional dan Akademi-Akademi Nasional baik jangka pendek maupun jangka panjang, dengan uraian tugas dan wewenang sebagaimana terlampir di bawah ini;

Dalam melaksanakan tugasnya, UPT MPR berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Rektor;

UPT MPR dipimpin oleh seorang Manajer dan dibantu oleh beberapa Kepala Divisi, antara lain Divisi Maketing, Divisi Public Relations, Divisi Marketing Alumni/ Career Development Centre;

 

A.Visi dan Misi UPT Marketing Public Relations (MPR) Universitas Nasional

A.1. VISI Marketing and Public Relations Universitas Nasional:
Mengacu pada statuta Universitas Nasional, maka visi UPT MPR pada tahun 2014 adalah: Menjadikan UPT MPR Universitas Nasional sebagai pusat kegiatan pemasaran dan layanan informasi publik yang professional dan handal untuk mencapai target pemasaran dan layanan informasi yang bermutu, efisien dan efektif.

A.2. Misi UPT MPR Universitas Nasional

Berdasarkan visi yang hendak dicapai pada tahun 2014, maka misi UPT MPR Universitas Nasional adalah:

  • Melaksanakan kegiatan pemasaran yang efisien, bermutu dan tepat sasaran sehingga mampu mempromosikan Universitas Nasional di wilayah Jabodetabek dan seluruh wilayah Indonesia;
  • Melaksanakan kegiatan public relations yang efisien, bermutu dan tepat sasaran sehingga mampu mempublikasikan kegiatan-kegiatan tridharma perguruan tinggi yang dapat mengangkat citra Universitas Nasional, baik di tingkat Nasional maupun internasional.
  •  

      A.3. Sasaran Mutu UPT MPR Universitas Nasional
      Berdasarkan misi yang hendak dicapai, maka sasaran mutu kegiatan MPR adalah:

      1. Menganggarkan biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran dan public relations secara efisien dan tepat sasaran mengacu pada kemampuan keuangan Universitas Nasional;
      2. Melakukan kerja sama dengan unit-unit penyelenggara kegiatan tridharma perguruan tinggi, kegiatan promosi dan kerja sama di tingkat fakultas, serta biro kerja sama dan kemahasiswaan dalam rangka mempromosikan fakultas dan Universitas guna mempublikasikan kegiatan tridharma perguruan tinggi fakultas, serta kegiatan mahasiswa yang dapat mempromosikan Universitas dengan sistem jemput bola;
      3. Melakukan kerja sama dan memfasilitasi fakultas untuk melakukan promosi dalam rangka menjaring mahasiswa baru yang bermutu;
      4. Membantu fakultas dan lembaga lain di lingkungan Universitas untuk mempublikasikan hasil kerjasamanya dengan lembaga lain di luar Universitas Nasional;
      5. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang professional dan mampu bekerja cerdas melalui keikutsertaan dalam event-event pengembangan SDM, baik di dalam maupun di luar UNAS, khususnya dalam bidang marketing dan public relations;
      6. Menyiapkan SDM yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, khususnya teknologi informasi dan desain;
      7. Merancang desain leaflet, brosur, CD profil Unas dan alat peraga promosi lainnya agar diperoleh mutu yang standar;
      8. Menyiapkan sebuah divisi yang bertugas untuk mengelola updating berita Website Fakultas dan Universitas dengan menggunakan SDM yang professional di bidangnya;
      9. Menyiapkan divisi yang bertugas melaksanakan job career, serta menjadi pusat infonnasi lowongan kerja yang komprehensif untuk membantu lulusan Universitas Nasional agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahliannya dalam jangka waktu tidak lebih dari satu tahun setelah kelulusannya;
      10.  
        Deskripsi Tugas UPT MPR

        1. Merumuskan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil.
        2. Merumuskan strategi MPR berjangka menengah (3-5 tahun) untuk dikaji dan ditetapkan oleh pimpinan;
        3. Merumuskan rencana kerja, target dan anggaran per semester atau tahunan untuk diputuskan oleh pimpinan;
        4. Merumuskan kajian atau penelitian di bidang MPR (antara lain potensi pasar, perilaku konsumen dan perbandingan produk dan biaya kuliah PT pesaing);
        5. Mempublikasikan aktivitas universitas ke media massa;
        6. Membina hubungan baik dengan kalangan pers, antar perguruan tinggi, pemerintah dan swasta (termasuk industri) dalam kerangka MPR;
        7. Melakukan dokumentasi kegiatan universitas;
        8. Menyiapkan profil universitas dan unit-unit dengan produk video, cetak, website secara ekslusif;
        9. Menyiapkan brosur, kalender, cenderamata universitas;
        10. Melaksanakan promosi dan sponsorship untuk merekrut mahasiswa baru dan mengembangkan citra positif;
        11. Membina hubungan baik dengan warga lingkungan sekitar kampus;
        12. Mengelola desain, manajemen konten, dan updating informasi pada website UNAS;
        13. Mengelola penerbitan bulletin cetak UNAS yang terbit sebulan sekali;
        14. Mengelola pelayanan counter pendaftaran mahasiswa baru;
        15. Mengolah informasi masukan, kritik dan saran dari publik internal dan eksternal universitas;
        16. Menggunakan anggaran secara efisien dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran.

         

        Deskripsi Wewenang UPT MPR

        1. Menerapkan pedoman sistem penjaminan mutu unit MPR dan deskripsi tugas dan wewenang para personil;
        2. Menyampaikan laporan strategi MPR kepada pimpinan;
        3. Menyampaikan rencana kerja MPR kepada pimpinan dan melaksanakan seluruh aktivitas yang termuat dalam rencana kerja untuk mencapai target yang telah ditetapkan;
        4. Menyampaikan hasil kajian atau penelitian kepada pimpinan dan pihak-pihak terkait;
        5. Menilai news value kegiatan, mengundang pers dan membiayai transport atau cenderamata kepada pekerja pers, serta menyampaikan hasil publikasi media kepada pimpinan dan unit terkait;
        6. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak eksternal;
        7. Menetapkan standar dokumentasi dan memenuhi material dokumentasi (contoh cetak foto, edit video);
        8. Desain dan produksi profil dan pengawasan langsung kepada supplier;
        9. Desain dan produksi brosur, kalender dan cenderamata dan mendistribusikan;
        10. Menentukan sasaran dan aktivitas promosi, merekkrut mahasiswa magang secara efisien sesuai plafon anggaran dalam perencanaan;
        11. Menjalin komunikasi dan mensponsori dana kegiatan warga secara efisien;
        12. Menentukan desain, struktur konten, memasukkan/ memperbaharui informasi pada website UNAS;
        13. Menentukan desain, merekrut mahasiswa magang, memilih dan menentukan berita yang dimuat;
        14. Menetapkan standar pelayanan prima, merekrut mahasiswa magang dan melayani pengunjung sesuai jam kerja;
        15. Menerima, menolak atau merevisi rencana anggaran teknis dengan berpedoman pada perencanaan anggaran periodik.

         

          Pimpinan UPT MPR

        1. Manajer UPT MPR : Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si.
        2. Kadiv Marketing : Marsudi, S.P.
        3. Kadiv PR : Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si.

         

         

        *Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Tentang

        Pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Marketing Public Relations Universitas Nasional