Lewat Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019, Ciptakan Entrepreuner Muda

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PT. Astra International menyelenggarakan kuliah kewirausahaan pemuda 2019, pada Senin, (24/6) di Auditorium blok 1 lantai 4 Universitas Nasional. Kuliah kewirausahaan ini bertujuan mendorong minat pemuda untuk berwirausaha.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan, MAP mengatakan dalam membangun perekonomian bangsa harus menciptakan wirausaha muda yang kreatif dan inovatif. “Banyak sekali yang diminati oleh pemuda dalam berwirausaha tapi biasanya anak muda lebih mengarah ke industri kreatif. ada sekitar 15 atau 16 sektor kreatif yang diminati seperti kuliner, fashion, pertunjukan, dan seni,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara.

Menurutnya, hal tersebut menjadi perkembangan yang sangat signifikan dalam dunia wirausaha. Terlebih pemilihan bidang usaha sesuai dengan karakter masing-masing yang dipadukan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Untuk itu, Kemenpora akan mengembangkan kolaborasi dengan berbagai pelaku pengembangan kewirausahaan dari pemerintah, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan komunitas kewirausahan sesuai kompetensi masing-masing,” papar Imam.

Program kuliah kewiarusahaan pemuda merupakan program prioritas yang mendukung program nasional dalam rangka pencapaian satu juta wirausaha baru dalam upaya menumbuhkan minat kewirausahaan. “Oleh karena itu, dalam upaya menumbuhkan minat berwirausaha melalui program kuliah kewirausahaan ini, Kemenpora menggandeng 22 universitas di wilayah Jabodetabek, PT Astra Internasional Tbk, Sahabat UMKM, Asosiasi Penulis dan Inspirator Seluruh Indonesia (Aspirasi),” tutup Imam.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Zainul Djumadin, M.Si turut mengapresiasi kerjasama yang dilakukan oleh UNAS dan Kemenpora. Ia pun berharap para mahasiswa UNAS termotivasi untuk berwirausaha. “Sehingga kuliah kewirausahaan ini bukan hanya sekadar menjadi alternatif, akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan bagi mahasiswa UNAS. Mudah-mudahan kegiatan dengan Kemenpora ini terus berlanjut,” tegasnya.

Dalam kuliah kewirausahaan ini turut menghadirkan pembicara yaitu Kepala Inkubator Bisnis Wirausaha Mandiri Universitas Nasional Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si., M.Si.M, CEO Blanjaqu Andi Willy, CEO TopKarir Indonesia Bayu Janitra Wirjoatmodjo, Owner Waida Farm Bogor Juwita Kuswara, dan di moderatori oleh Drs. Wahyu Triono KS, M.Ap. (*DMS)

You May Also Like