Kompetisi Peradilan Semu Hiasi Dies Natalis Fakultas Hukum Ke – 32

Jakarta ( UNAS) – Sejak berdiri pada 1985 Fakultas Hukum Universitas Nasional, rayakan Dies Natalis ke -32 dengan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya Kompetisi Peradilan Semu Internal, Lomba Karya Tulis Ilmiah Internal, Sosialisasi Hukum serta Kompetisi Debat Eksternal. Acara yang dibuka oleh Ketua Program Studi Fakultas Hukum Masidin S.H. M.H ini berlangsung meriah dan menarik. Kegiatan dimulai dengan kompetisi peradilan semu yang diikuti oleh dosen dan para mahasiswa jurusan fakultas hukum.

Ketua Pelaksana Zakiy Zakaria Rahman mengutarakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menstimulasi para mahasiswa fakultas hukum agar lebih berani dalam mempraktekan teori yang telah mereka dapatkan di kelas. Dengan adanya simulasi peradilan semu ini lanjutnya, diperlihatkan tentang bagaiamana tata cara, aturan – aturan dan skema – skema yang biasa dilakukan oleh pengadilan didalam menyidangkan suatu perkara.

Disingggung mengenai isi dari simulasi peradilan ini, Zakiy Zakaria Rahman atau yang kerap disapa Zakiy ini menuturkan bahwa simulasi peradilan semu yang digelar pada kamis ( 27/4) ini mengambil kasus tentang seorang pria bernama Raden yang jatuh cinta dengan Bella. Raden berkenalan dengan Bella disaat mereka masih sama – sama tergabung dalam suatu komunitas motor dimana pada suatu malam Raden mengajak Bella ke suatu tempat dimana ia ingin menyatakan cintanya kepda Bella setelah mendengar pernyataan cinta dari Raden, Bella lantas terkejut langsung menolak untuk menerima cinta Raden dikarenakan Bella sudah memiliki kekasih bernama Indra. Dilatar belakangi motif balas dendam maka Raden membunuh Indra selaku kekasih Bella.

“Disini kita dapat melihat bagaimana peran jaksa penuntut umum selaku pihak penuntut serta para pkuasa hukum dari tersangka bersaksi dihadapan pengadilan ini merupakan ilmu dan kesempatan yang langka bagi kita khususnya mahasiswa hukum untuk dapat melihat bahkan terlibat langsung dalam proses persidangan,” tegas Zakiy.

Ketua Program Studi Fakultas Hukum Masidin S.H. M.H mengaku bangga atas seluruh pencapaian yang telah diraih oleh para lulusan fakultas hukum. Fakultas Hukum ungkapnya, merupakan salah satu fakultas tertua yang ada di Universitas Nasional. Diusianya yang genap 32 tahun Fakultas Hukum telah banyak menelurkan lulusan – lulusan yang sangat berpengaruh baik diringkat regional, nasional maupun internasional. Telah banyak para lulusan – lulusan Fakultas Hukum yang saat ini memangku jabatan penting di lembaga – lembaga baik itu Lembaga Pemerintah seperti KPK, BPK, KOMNAS HAM, maupun lembaga pengadilan tinggi lainnya.

“ Saya sangat mendukung sekali acara seperti ini apalagi Kompetisi Peradilan Semu yang sebentar lagi kita saksikan merupakan kali pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum. Oleh karena itu saya mengajak para mahasiswa untuk ikut berpartisipasi didalam kegiatan – kegiatan yang diadakan dalam rangka merayakan Dies Natalis Fakultas Hukum ke – 32. Selama kurun waktu puluhan tahun ini Fakultas Hukum telah banyak berkontribusi didalam kancah nasional khususnya ibu kota Jakarta telah banyak perangkat – perangkat penegak hukum yang bijaksana dan adil yang lahir dari Fakultas Hukum Unas. Semoga saja dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan keilmuan bagi seluruh peserta maupaun masyarakat luas tentang bagaimana tata cara persidangan yang baik dan benar,” papar Masidin.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.