Fisika

Akreditasi B Berhak menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dan ujian secara mandiri

Program studi Fisika yang dirintis sejak didirikannya UNAS pada 1949 senantiasa berperan aktif dalam menyiapkan generasi muda yang siap mengantisipasi perkembangan sains & teknologi modern serta mampu berkarya dalam peluang karir yang luas. Adaptasi terhadap pengembangan sains-tek itu diwujudkan dengan mengoptimalkan pemanfaatkan software komputer dalam proses belajarmengajar sebagai alat bantu penguasaan materi dan pembekalan keahlian berbasis ilmu Fisika yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Secara khusus, program studi Fisika UNAS memfokuskan pendidikan pada 5 bidang konsentrasi:

GEOFISIKA
Membekali kemampuan dalam analisis inversi, metode gravitasi , metode seismic dan metode electromagnet yang diperlukan untuk eksplorasi minyak, batubara, gas alam dan sumber daya alam lainnya dengan biaya, tenaga dan waktu sehemat mungkin.

FISIKA INSTRUMENTASI
Membekali penguasaan elektronika digital, system sensor, pengolahan sinyal digital sebagai eksperimen yang diperlukan berbagai bidang industri modern.

FISIKA KOMPUTASI
Membekali kemahiran penggunaan komputer dalam menganalisis algoritma komputasi untuk mencari solusi masalah fisika seperti dinamika sistem fisika kompleks yang tidak mungkin dicari solusinya secara analitik

FISIKA ZAT PADAT
Membekali penguasaan sifat material fisika seperti semikonduktor, superkonduktor, dan struktur elektronika zat padat yang mengarah pada Microprocessor/chips yang banyak dipakai dalam produk-produk industri komputer.

FISIKA MEDIK
Membekali keahlian penggunaan Instrumen Elektrofisiologi dan Biofisika Medik seperti Ultrasonografi serta Rontgen sebagai solusi masalah kedokteran.

PROSPEK PROFESI
Persepsi bahwa alumni fisika hanya memiliki lapangan profesi sebagai pendidik adalah salah. Kenyataannya, para alumni program studi Fisika UNAS telah berkarya mendaya gunakan keahliannya di berbagai bank, perusahaan minyak asing, industri dan instansi-instansi pemerintah seperti BATAN, BPPT, PERTAMINA, LAPAN, LIPI.

SARANA PENDIDIKAN
– Ruang Kuliah AC reguler
– Ruang Kuliah Student Centered   Learning
– (Pemusatan belajar pada mahasiswa
dengan fasilitas multimedia dan   internet)
– Perpustakaan
– Laboratorium Fisika
– Laboratorium Dasar Fisika Nuklir
– Laboratorium Elektronika
– Laboratorium Komputer
– Lokasi Sekretariat Fakultas: Blok IV lt.2

WAKTU KULIAH PAGI

You May Also Like