Tak Surut di Masa Pandemic, FIKES UNAS Tetap Komit Ciptakan Perawat Kompeten

Jakarta (Unas) –Walau sekarang ini tingkat penularan Covid -19 tak bisa lagi di bendung serta Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Pulau Jawa dan Bali dilakukan, namun tak menyurutkan semangat belajar. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Program Studi Keperawatan Universitas Nasional (Unas) melakukan pelatihan preceptorship secara Online.
Pelatihan yang dilakukan daring ini bagian dari gelombang ke III, berbeda dari sebelumnya, pelatihan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting pada 22 hingga 23 Januari 2021. Semangat dalam membuat kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh FIKES UNAS merupakan komitmen untuk menciptakan perawat yang kompeten di bidangnya.
“Pelatihan ini seharusnya dilakukan secara onsite atau tatap muka, tetapi karena pandemi yang tidak memungkinkan untuk onsite, kegiatan ini dilakukan secara daring selama 2 hari dengan target pencapaian yang sama ketika dilaksanakan secara onsite,” ujar Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si. dalam sambutannya, pada Jumat (22/01).
Retno menjelaskan bahwa, preceptorship sendiri merupakan suatu program pembimbingan dan pendampingan kepada calon mahasiswa Program Studi Profesi Pendidikan Ners oleh Perseptor atau Clinical Instructor (CI).
“Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mengadaptasikan calon mahasiswa tersebut ke dalam suasana klinik profesional, sehingga secara fisik dan mental-psikologis berada dalam kondisi siap memberikan pelayanan yang berkualitas bagi pasien,” tuturnya.
Selain itu, tambahnya, pelatihan ini dilakukan untuk memfasilitasi para calon preceptor yang terdapat di lahan praktik baik rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Dengan harapan menghasilkan para preceptor klinik yang kompeten dan mampu mewujudkan pembelajaran klinik yang ideal kepada peserta didik.
Pada kegiatan ini, FIKES Unas bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI). Adapun peserta pelatihan berjumlah 69 orang yang terdiri dari mahasiswa kelas B dan C, serta perawat S1 Ners dari perwakilan Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta, RSUD Budhi Asih, RS Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor, Klinik Wocare Centre Bogor, dan Puskesmas Pasar Minggu, yang telah bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Profesi Ners FIKES Unas.
Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini yakni Ketua Kurikulum Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Jakarta, Dr. Irna Nursanti M.Kep., SP. Mat. Pelatihan ini juga diisi dengan diskusi kelompok, tutorial, simulasi, dan tanya jawab.
“Semoga setelah mengikuti keseluruhan pelatihan diharapkan peserta dapat paham model pembelajaran preceptorship, dapat melaksanakan pembelajaran tersebut dengan media dan alat yang tepat, serta mengembangkan tujuan pembelajaran dalam preceptorship,” harap Irna.

Mungkin Anda Menyukai