Informatika

Terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN-PT No. 3216/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021

VISI

Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang sains komputer dengan keunggulan dalam bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak serta memiliki karakter dan integritas moral.

MISI

PENDIDIKAN

– Menyelenggarakan pendidikan bidang keilmuan TIK yang menerapkan standard akademik nasional.
– Meningkatkan kualifikasi dosen hingga ke jenjang S3 di bidang TIK pada perguruan tinggi bereputasi.
– Meningkatkan jumlah dosen yang mencapai jabatan fungsional profesor.
– Menerapkan kurikulum yang berorientasi pada peningkatan mutu akademik, yakni dengan mengacu pada KKNI.
– Meningkatkan prestasi mahasiswa di even kompetisi ilmiah tingkat nasional dalam bidang TIK.
– Menerapkan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan (Sustainable of Quality Assurance) untuk meningkatkan akuntabilitas tata kelola pendidikan.
– Menyediakan fasilitas laboratorium sebagai basis pengembangan riset bidang keilmuan TIK.
– Meningkatkan pencapaian standard Akreditasi A dari BAN-PT

PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
– Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
– Menghasilkan produk penelitian berbasis TIK sebagai solusi atas isu-isu strategis nasional.
– Menghasilkan outcome penelitian yang dapat meningkatkan penguasaan TIK di masyarakat.
– Meningkatkan keberhasilan pencapaian hibah penelitian dan institusi.
– Meningkatkan publikas ilmiah di tingkat nasional dan internasional, baik di jurnal dan seminar.
– Memanfaatkan kerjasama penerapan riset TIK di industri dan masyarakat.
– Memanfaatkan kerjasama dengan institusi luar dalam pengembangan riset dan pendidikan.


TUJUAN
– Menjadikan program studi Informatika yang unggul dan favorit di tingkat nasional.
– Menghasilkan kurikulum pendidikan S1 yang berorientasi pada peningkatan kompetensi bidang keahlian sains komputer.
– Menghasilkan sumber daya akademik (dosen-dosen) yang berkualifikasi pendidikan S3 di bidang sains komputer.
– Menghasilkan guru besar yang berbasis kepakaran bidang keilmuan TIK.
– Meningkatnya luaran-luaran penelitian yang memperkuat bidang sains komputer.
– Menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang Informatika khususnya pada bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak.
– Menghasilkan kurikulum yang mengacu pada standar APTIKOM (60%), dan kurikulum yang dikembangkan oleh Program Studi (40%) disesuaikan dengan kebutuhan stake holder serta memperhatikan hasil analisis Tracer Study.
– Menghasilkan lulusan dengan masa studi rata-rata 7-8 semester dan IPK rata-rata 3.25.
– Membekali lulusan untuk mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mempunyai sertifikasi pelatihan internasional di bidang TIK.
– Mendapatkan hibah-hibah dari dalam dan luar negeri dan mempublikasikan penelitian dalam media ilmiah berkala nasional, internasional dan terakreditasi.
– Menghasilkan kontribusi karya ilmiah yang terdaftar sebagai Hak Cipta sebagai luaran peneliti


KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
– Mampu menerapkan teori informatika dalam pemecahan masalah
– Mampu mengidentifikasi dan menganalisa masalah, serta merancang solusi komputasi yang optimal untuk penyelesaian masalah tersebut
– Mampu mengembangkan dan menguji perangkat lunak berdasarkan teori dan kaidah Informatika
– Mampu bekerja secara profesional baik secara individu maupun dalam kelompok untuk melaksanakan proyek-proyek bidang Teknik Informatika
– Menguasai pengetahuan tentang teknologi terbaru dan implementasinya
– Mampu menjadi entrepreneour dan berwirausaha di bidang Informatika
– Mampu menjadi peneliti di bidang Informatika


KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

– Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
– Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
– Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
– Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
– Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
– Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
– Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
– Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
– Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
– Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
– Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
– Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
– Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
– Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
– Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
– Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
– Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
– Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
– Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
– Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi;
– Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Prospek Studi

Bidang ilmu informatika mempelajari perangkat lunak/software komputer, yaitu yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi antara lain : pengumpulan / pengolahan / penyimpanan data, mengolah kata (word-processing), komunikasi data / kata, pengolahan data paralel, struktur data, bahasa pemrograman, object-oriented programming, pemrograman terstruktur, dan sebagainya.

Gelar akademik : Sarjana Komputer (S.Kom)

Karir Alumni
Programmer, Software Engineer, Network Engineer, IT Help Desk, System / Bussiness Analyst, System Engineer, IT Manager / IT Executive, Web Designer / Graphic Designer, System Administrator, Database Administrator, ERP Consultant, Staf Pengajar.

Menerapkan metode Student Centered Learning
Pemusatan belajar kepada mahasiswa dengan fasilitas multimedia dan internet untuk mengembangkan wawasan, membudayakan diskusi, kerjasama tim serta meningkatkan kreatifitas penyelesaian masalah.

Program Kekhususan
Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, Teknologi Perangkat Lunak

Kerjasama Internasioanl

Menjalin Kerjasama internasional bersama Universiti Kebangsaan Malaysia, Duke University USA, Hagoromo University Osaka, Jepang, Woosong University Korea serta universitas terkemuka lainnya dalam lingkup joint research, joint programs, pertukaran dosen dan mahasiswa serta beasiswa.

Fasilitas Memadai

Staf Pengajar Berkualitas

Para dosen terdiri dari profesional akademikus dan praktisi ahli yang berlatar pendidikan pascasarjana dari universitas terkemuka di dalam dan luar negeri.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru