Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional terakreditasi “A” oleh 254/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2019

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul di bidang komunikasi yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan media komunikasi di era digital, serta masuk 10 (sepuluh) terbaik di kopertis wilayah III pada tahun 2020.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang berkualitas di bidang Jurnalistik, Public Relations dan Periklanan yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Menciptakan atmosfir akademik yang kuat melalui kegiatan diskusi, seminar,workshop, pelatihan serta pemanfaatan unit laboratorium Prodi Ilmu Komunikasi secara optimal.
3. Menyelenggarakan penelitian di bidangJurnalistik, Public Relations danPeriklananserta publikasi di jurnal lokal, nasional dan internasional yang bereputasi baik.
4. Melakukan pengabdian sebagai bentuk kepeduliandan partisipasi membangun masyarakat melalui kegiatan-kegiatandi bidang ilmu komunikasi (Jurnalistik, Public Relations, danPeriklanan).
5. Menggalang kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak baik lembaga pemerintah ataupun lembaga swasta.

Tujuan

1. Menghasilkan lulusan Jurnalistik, Public Relations dan Periklanan yang unggul berkepribadian baik serta kompetitif di era globalisasi.
2. Menghasilkan peserta didik yang berwawasan luas, kreatif, inovatif dan produktif.
3. Menghasilkan penelitian-penelitian di bidang Jurnalistik Public Relations dan Periklanan yang terpublikasi di jurnal lokal, nasional, internasional yang bereputas ibaik.
4. Menciptakan partisipasi dan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat melalui kegiatan-kegiatan konstruktif.
5. Dihasilkannya kerjasama konkrit dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam kegiatan akademik (pengajaran/pelatihan/workshop/seminar/diskusi/praktek kerja lapangan), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional (PSIK FISIP UNAS) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Secara khusus, mahasiswa dibekali dengan kompetensi teoritis dan praktikal.

Untuk mendukung upaya tersebut, kurikulum didesain berdasarkan pada kurikulum berbasis kompetensi dengan pengembangan kurikulum berbasis pada kedua focus PSIK tersebut. Sejumlah mata kuliah diarahkan untuk menggali berbagai permasalahan yang terkait dengan Ilmu Komunikasi kepada mahasiswa.

PSIK UNAS membantu menghubungkan mahasiswa dengan dunia kerja. Untuk itu, PSIK UNAS memberikan peluang kepada mahasiswa untuk magang berupa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan kepada alumni untuk bekerja di lembaga-lembaga yang relevan. Saat ini antara lain seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, berbagi perusahaan negara khususnya BUMN, lembaga penelitian, organisasi masyarakat, partai politik dan LSM.

Gelar Akademik : S.Ikom (Sarjana Ilmu Komunikasi)

Program Kekhususan

Periklanan

Memberikan pembekalan mengenai dasar-dasar periklanan, strategi kreatif pembuatan iklan cetak & elektronik mulai dari pengonsepan, penulisan naskah iklan(copywriting), strategi kreatif lay out/graphic design iklan sampai pada eksekusi sebuah iklan. Dalam kekhususan ini juga diberikan ilmu pengetahuan tentang perencanaan beriklan mulai dari teknik riset sampai pada perencanaan serta pembelian media (Media planner & buyer). Mahasiswa juga dibekali dengan pembelajaran etika profesi.

Jurnalistik

Memberikan pembekalan mengenai dasar-dasar jurnalistik, teknik mencari dan menulis berita di media cetak maupun elektronik, teknik menulis opini serta feature, teknik wawancara dan laporan investigasi, fotografi jurnalistik, videografi, teknik memproduksi program acara serta berita di TV.dan Radio. Dalam kekhususan ini juga diberikan ilmu pengetahuan tentang riset khalayak dan riset media. Mahasiswa juga dibekali dengan pembelajaran etika profesi.

Hubungan Masyarakat

Memberikan pembekalan mengenai dasar-dasar Public Relations, internal public & external public
relations
yang mencakup relasi antar karyawan, relasi media, relasi pemerintah, relasi dengan masyarakat dan komunitas setempat, relasi dengan pemerintah. Kekhususan PR juga memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai manajemen media komunikasi dalam suatu institusi serta riset PR yang memfasilitasi PR menentukan program-program untuk perbaikan citra institusi. Selain itu juga kekhususan PR membekali para mahasiswanya untuk terampil dalam berkomunikasi, penampilan dan pengelolaan event melalui pembelajaran public speaking, negosiasi & presentasi, etika profesi serta event organizing.

FASILITAS

PERSYARATAN

  1. Lulusan SMU (IPA, IPS, SMK atau Madrasah Aliyah)
  2. Membeli formulir pendaftaran
  3. Fotokopi STTB dan NEM yang dilegalisir kepala sekolah untuk SMU negeri dan Dinas Pendidikan untuk SMU Swasta
  4. Pas foto 2×3 dan 3×4 masing-masing 2 lembar
  5. Lulus ujian saringan masuk Universitas Nasional

KEMITRAAN
Dalam Rangka pengembangan kapasitas akademis dan penelitian, PSIK UNAS menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, lembaga riset, universitas dan perusahaan, anatara lain: Universiti Kebangsaan Malaysia

STAF PENGAJAR
PSIK UNAS didukung oleh akademisi yang didominasi oleh alumni pascasarjana dan praktisi yang berpengalaman dari berbagai latar belakang. Mereka memiliki dedikasi yang tinggi untuk mengembangkan potensi dan memimbing mahasiswa.

MASA STUDI DAN WAKTU KULIAH
Masa studi dapat ditempuh dalam waktu antara 7-14 semester dengan total beban studi sebesar 144 sks (satuan kredit semester).

PROSPEK KARIR