Halal Bihalal UNAS, Eratkan Ukhuwaah Dalam Keragaman

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka merayakan hari raya Idul fitri 1440 Hijriah , Universitas Nasional (UNAS) menggelar acara Halal Bihalal keluarga besar Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) di Aula blok 1 lantai 4, pada Senin (17/6). Tema yang dirajut adalah “Merajut Ukhuwaah Di tengah Pluralisme Ummat”.

“Pada hari ini kita berkumpul di aula blok 1 lantai 4 kampus UNAS dalam rangka halal bihalal yaitu saling membebaskan ganjalan di hati diantara kita semua. Dan Alhamdulillah selama sebulan penuh kita telah melampaui satu kegiatan yang menurut saya meninggalkan kesan-kesan yang bernilai positif,” ujar Ketua Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) UNAS, Dr. Ramlan Siregar, M.Si. dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal YMIK.

Ia mengajak kepada seluruh dosen dan karyawan YMIK untuk saling menjaga kebersamaan, kekompakkan serta dapat menerapkan nilai nilai positif demi kemajuan UNAS.

“Dengan kebersamaan, kekompakkan, serta nilai-nilai yang telah terpatri dapat diterapkan di dalam diri kita dan dapat kita amalkan sehingga Universitas Nasional dapat berkembang sebaik-baiknya serta memberikan kemanfaatan dan kebahagiaan bagi keluarga civitas akademika UNAS dan yayasan memajukan ilmu dan kebudayaan. Atas nama pengurus YMIK saya mengucapkan minal aidzin wal faizin mohon maaf lahir dan batin semoga Allah senantiasa memberikan hidayahnya bagi kita semua”, tutup Ramlan.

Acara halal bihalal diawali dengan pentas tarian tradisional ratoe jaroe oleh staff UNAS dan pembacaan surat Al-Qur’an. Puncak dari acara yaitu tausiyah agama yang disampaikan oleh Ust. H. Zein Rofiq M.A. Dalam tausiyahnya, Ia menyampaikan bahwa dalam menjaga pluralisme ummat ada empat hal yang harus dihindari yakni sikap tidak peduli dengan agama, sifat keras hati, serakah urusan dunia, dan mengulur waktu urusan agama. “Jika kita dapat menghindari empat hal tersebut insyaAllah kita dapat menjaga ukhuwwah dalam pluralisme ummat,” kata Zein.

Pada acara ini juga diberikan penghargaan satya lencana dalam bentuk cendramata dan sertifikat kepada dosen dan karyawan berprestasi dan telah mengabdi selama 25 tahun diantaranya, Drs. Yumetri Abidin, M.Si., Drs. Puji Hartoyo, M.Si., Drs. Ari Mutanto, M.Pd., Irzan, S.H., M.H., Masyhur Arief Bausad, S.H., M.H. Pemberian penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Selain memberikan tanda kehormatan satya lencana, UNAS juga membagikan hadiah umroh kepada dosen dan karyawan yang telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun. Mereka yang beruntung untuk pergi ke tanah suci yaitu, Dosen Fakultas Pertanian Ir. Yenisbar M.Si, Dosen Fakultas Teknik dan Sains Drs. Ari Mutanto, M.Pd., Kepala Tata Usaha Ilmu dan Budaya Asngadi S.H., dan Staff Sekretariat Fakultas Teknik dan Sains Nandang Koswara.

Acara ditutup dengan ramah tamah serta pengundian grandprize dan doorprize. Pengumuman undian tersebut diambil dan diberikan langsung oleh para pimpinan UNAS. (*DMS)

You May Also Like