FIKES, Peduli kasih di Desa Pancawati

tidak hanya bertujuan untuk membentuk karakter para anggota angkatan baru, tapi juga mendorong dan meningkatkan kesadaran mereka untuk dapat peduli sesama, terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan dan masih jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan sebagai wujud peduli kasih di Desa Pancawati.

Jakarta (UNAS) – Sebagai wujud nyata dari salah satu Tri dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional pun menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi (LDKO) dan bakti Sosial di daerah Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, puluhan mahasiswa FIKES lintas angkatan yang tergabung kedalam Senat Mahasiswa berbagi kasih melalui pemeriksaan kesehatan gratis dan pendidikan kesehatan bagi warga Desa Pancawati Rt 03 Rw 09 Cikereteg – Sukabumi selama dua hari sejak 21 – 22 Desember 2013 lalu. “Ini merupakan pengalaman pertama bagi desa kami. Kami bersyukur dan senang mendapatkan pemeriksaan dan pengetahuan tentang kesehatan secara gratis,” tutur Ketua Rt. 03 Desa Pancawati, Topan disela kegiatan.

Kegiatan yang mengusung tema “Melalui LDKO kita Ciptakan Pemimpin yang Berkarakter dan Berintegritas Tinggi dalan Bidang Organisasi, Serta Mampu Mengimplementasikan kedalam Tri Dharma Perguruan Tinggi” ini tidak hanya bertujuan untuk membentuk karakter para anggota angkatan baru untuk dapat secara konsisten mengimplementasikan ilmu yang didapat dari kampus saja, tapi juga mendorong dan meningkatkan kesadaran mereka untuk dapat peduli sesama, terutama bagi masyarakat yang sangat membutuhkan dan masih jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan yang seharusnya.

“Di desa Pancawati, kami membuka stand kesehatan di Vila Rifada, ada sekitar 38 masyarakat yang datang untuk mendapatkan pemeriksaan dan pendidikan kesehatan gratis. Pemeriksaan mencakup tes gula darah dan tekanan darah. Kenapa harus dua tes ini, karena gula darah yang menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi yang menyebabkan hipertensi menjadi gerbang masuknya penyakit – penyakit lain,” ungkap Ketua Senat Mahasiswa FIKES, Gede Pronajaya saat ditemui di ruang UPT Marketing & Public Relations Universitas Nasional, Selasa (24/12).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan, Rani Prananda Putri menjelaskan bahwa desa Pancawati dipilih sebagai lokasi LDKO dan Bakti Sosial dikarenakan warga desa tersebut terbilang jauh dari akses pelayanan kesehatan. “Puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat sangat jauh, sekalipun ada yang cukup dekat, tenaga medis yang ada hanya bidan. Bukan cuma jarak yang menjadi pertimbangan warga untuk ke pusat kesehatan, tapi biaya transportasi juga mahal. Oleh karena itu, dengan adanya baksos ini kami harap dapat memberikan sedikit kebahagiaan dan kepedulian bagi mereka,” papar Rani.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.