Fakultas Sastra Ajak Mahasiswa Tiongkok Belajar Budaya Betawi

CN, JAKARTA – Universitas Nasional (UNAS) kembali meningkatkan kerjasama dengan universitas asing. Kali ini kerjasama dilakukan dengan Guangxi University, China dengan mendatangkan para mahasiswa dari negeri Bambu China. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang diselenggarakan oleh Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional guna meningkatkan mutu dan pemahaman para mahasiswa asing akan kebudayaan yang ada di Indonesia.

Mahasiswa dari UNAS dan Guangxi University berkunjung ke Setu Babakan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, (3/9). Kedatangan mereka bertujuan untuk mengenal dan memahami lebih jauh mengenai salah satu ragam budaya yang ada di Indonesia, yaitu budaya betawi. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi, seperti bangunan, dialek bahasa, seni tari, seni musik, dan seni drama.

Menurut Somadi Sosrohadi, Ketua Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Satra kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya belajar bahasa Indonesia. “Tujuan dari program ini adalah agar mahasiswa yang belajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa asing tidak sekedar mempelajari bahasa indonesia di dalam kelas saja melainkan dengan mengunjungi langsung tempat – tempat atau objek wisata yang berkaitan dengan budaya. Melalui observasi langsung mereka dapat mengamati tingkah laku, cara bergaul, cara tutur sapa, cara hidup dan cara berinteraksi antar sesama,” ungkap Somadi.

Berita selengkapnya: http://www.cakrawalanews.co.id/artikel/393/Fakultas-Sastra-Ajak-Mahasiswa-Tiongkok-Belajar-Budaya-Betawi/

You May Also Like

One thought on “Fakultas Sastra Ajak Mahasiswa Tiongkok Belajar Budaya Betawi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.