HIMAHI Ajak Generasi Muda Berinternet Dengan Bijak

Jakarta ( UNAS) – Bertajuk “Addressing The Digital Native Phenomenon as a New Era” Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional ( HIMAHI ), selenggarakan kuliah umum dengan melibatkan siswa – siswi SMA se Jakarta Selatan. Acara yang digelar pada Selasa (25/4) ini bertempat di Aula Blok 1 Lantai IV Universitas Nasional.

Ditemui disela – sela acara Cut Fahriana selaku Ketua Pelaksana pada kegiatan ini menuturkan bahwa tujuan diselenggarakannya kuliah umum ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa – siswi SMA yang hadir tentang Apa dan Bagaimana Hubungan Internasional itu. Kegiatan yang dimulai pada 09.00 s/d 16.00 ini tambahnya, terdiri dari seminar Model United Nations ( MUN) dalam bidang diplomasi, seminar tentang wawasan kebangsaan yang dibawakan oleh AKOE Indonesia, serta pameran fotografi dan foto booth.

Ditanya perihal tema yang diusung, wanita semester 6 jurusan Hubungan Internasional Unas ini mengungkapkan bahwa arti dari tema ini secara garis besar adalah ingin mengajak para muda – mudi yang saat ini dikenal dengan era “Digital Native” yaitu era dimana anak – anak usia dibawah 24 tahun sudah bisa dan mahir dalam menggunakan internet. Mereka sudah terbiasa dalam mengakses bahkan mencari berbagai macam informasi lewat jari mereka. Mereka menulis, membaca bahkan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan gadget mereka. Hal inilah ungkapnya, yang mendorong HIMAHI untuk mulai mensosialisasikan tentang seberapa dekatnya Hubungan Internasional dengan Dunia Digital.

“ Disini kita ingin membuka wawasan dan cara berfikir para peserta seminar tentang seberapa dekat HI dengan dunia digital sebab HI saat ini bukan hanya sekedar membahas dan mempelajari hal – hal yang jauh seperti diplomasi, sosial, budaya maupun politik dari negara – negara lain didunia. Tetapi HI saat ini ada didalam genggaman kita ada di smartphone kita dengan kita menggunakan internet dengan baik dan bijak demi tujuan dan kemaslahatan yang besar bagi diri sendiri maupun masyarakat maka kita telah mampu membuat hubungan yang selaras dengan dunia disekitar kita,” tegasnya.

Diwawancarai seusai acara Pranita Egi Hardianti mengaku sangat senang sekali dengan kegiatan ini. Kegiatan ini ungkapnya, sangat bermanfaat sekali bagi dirinya dan teman – teman yang memang ingin melanjutkan kuliahnya di jurusan Hubungan Internasional dengan adanya kegiatan ini kita jadi lebih tahu banyak tentang sejarah, manfaat dan tujuan dari hubungan internasional itu.

“ Terima kasih kepada Universitas Nasional yang telah mengundang kami untuk hadir dalam seminar umum kali ini. Saya selaku perwakilan dari SMA Fatahillah merasa sangat senang sekali dengan kegiatan ini dikarenakan acara ini banyak memberikan pengetahuan – pengetahuan baru, pengalaman baru serta wawasan baru tentang jurusan Hubungan Internasional. Setelah mengikuti seminar ini saya menjadi lebih yakin untuk memilih hubungan internasional sebagai jurusan yang saya ambil nanti di Unas,” tutup Egi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.