Eko Sugiyanto Dikukuhkan Jadi Guru Besar Universitas Nasional

Jakarta — Universitas Nasional mengukuhkan Prof. Dr. Eko Sugiyanto, M.Si sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Administrasi Publik. Eko menjadi guru besar ke-23 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Acara pelantikan dilakukan di Auditorium UNAS, Sabtu (30/3).

Pelantikan ini dilakukan oleh Majelis Guru Besar Universitas Nasional yang turut dihadiri oleh Guru Besar dari berbagai universitas lain, baik dalam maupun luar negeri.

Dalam pengukuhannya sebagai guru besar, Prof. Dr. Eko Sugiyanto, M.Si. menyampaikan orasi ilmiahnya berjudul “Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) : Analisis Pelaksanaan Pelayanan Publik dan Pencegahan Korupsi”. Selain itu, Ia juga mengungkapkan perjalanannya dalam meraih jabatan fungsional sebagai guru besar.

“Jabatan fungsional tertinggi sebagai guru besar merupakan cita-cita semua dosen, karena itu saya memiliki cita-cita setelah selesai menyelesaikan studi doktoral maka saya harus memperoleh jabatan sebagai guru besar,” ujar Prof. Eko.

Untuk meraih jabatan fungsional sebagai guru besar Prof. Eko juga melakukan submission publikasi jurnal internasional bereputasi. Sebab, salah satu syarat untuk memperoleh jabatan sebagai guru besar harus memiliki jurnal ilmiah yang terpublikasi di jurnal internasional bereputasi.

Prof Eko berharap, segenap dosen civitas akademika Universitas Nasional dapat mengikuti jejaknya sebagai guru besar. “Saya berharap dosen UNAS dapat meraih jabatan fungsional akademik sebagai guru besar sehingga dapat meningkatkan kualitas dosen di UNAS,” kata Prof Eko.

Sementara itu, Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera M.A. menyampaikan selamat dan apresiasinya atas capaian yang telah diraih oleh Prof. Eko sebagai guru besar.

El Amry berharap dengan bertambahnya guru besar di lingkungan Universitas Nasional dapat meningkatkan peran serta tridaharma perguruan tinggi Universitas Nasional terutama dalam dibidang pendidikan, penelitian dan publikasi ilmiah.

“Saya mengucapkan selamat kepada rekan saya Prof. Dr. Eko Sugiyanto M.Si yang telah meraih prestasi dengan mendapatkan jabatan fungsional tertinggi sebagai guru besar. Saat ini dengan dikukuhkannya Prof. Dr. Eko Sugiyanto M.Si sebagai guru besar universitas nasional telah memiliki 23 guru besar di lingkungan universitas nasional,” ungkap El Amry.

Pengukuhan guru besar ini merupakan upaya Universitas Nasional untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia, terutama peningkatan jenjang pendidikan akademik bagi para dosen. Dan dengan bertambahnya guru besar diharapkan dapat mempertahankan nilai akreditasi institusi Universitas Nasional.

selengkapnya : www.harianterbit.com

You May Also Like