Dirjen Belmawa: Lulusan Perguruan Tinggi Perlu Miliki Literasi Teknologi

Jakarta – Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof Dr Ismunandar mengatakan, di era industri 4.0 dan masyarakat sosial 5.0 dewasa ini, perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu dan menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh bangsa, serta menumbuhkan masyarakat madani.

Mahasiswa dan lulusan, lanjutnya, harus melengkapi diri dengan soft dan hard skill, kemampuan untuk mendukung keahlian serta harus punya literasi baru, yaitu literasi data, teknologi dan manusia.

Pernyataan itu disampaikan Dirjen Belmawa saat menyampaikan keynote speech pada Wisuda Universitas Nasional (UNAS) periode I Tahun Akademik 2018/2019, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/4/2019).
“Lulusan perguruan tinggi dituntut untuk memiliki literasi manusia, karena berbagai pekerjaan baru menuntut kita memiliki empati, simpati, leadership, yang tidak bisa dilakukan oleh robot,” ungkapnya.

Menurut Ismunandar, literasi teknologi dimaknai sebagai memiliki kemampuan untuk memahami bahasa robot, seperti coding, pemrograman dan sebagainya, karena ke depannya kita akan banyak berinteraksi dengan robot dan mesin.
“Perlu diingat bahwa memiliki kemampuan literasi data artinya dapat membaca data, yang saat ini menjadi tambang emas baru,” imbuh Ismunandar.

Pada wisuda kali ini, Universitas Nasional meluluskan 1040 wisudawan dari jenjang S3, S2, S1, DIV dan DIII. Para wisudawan terdiri dari 4 wisudawan program doktor, 64 wisudawan program magister, 648 wisudawan program sarjana, 304 wisudawan program diploma empat dan 20 wisudawan program diploma tiga.

Wisudawan terbaik dari Sekolah Pascasarjana dengan IPK tertinggi Cum Laude diraih oleh Rena Santrinny dari Program Studi Magister Hukum dengan IPK 3,91. Untuk Program Sarjana IPK Tertinggi Cum Laude diraih Luna Vidia Zahra dari Program Studi Hukum dengan IPK 3,90.

Adapun dari program Diploma IPK tertinggi, Cum Laude diraih Ellsa Fira Widyasepta dari Program Studi Bahasa Korea dengan IPK 3,96 . Selain itu masih ada 362 wisudawan yang lulus dengan predikat cum laude.

selengkapnya : rri.co.id

You May Also Like