ABANAS Sambut Kunjungan dari Seoul National University

JAKARTA – Akademi Bahasa Asing Nasional (ABANAS) Universitas Nasional (UNAS) menyambut kunjungan 25 delegasi dari Seoul National University, Korea pada Jumat, (6/04). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka pengajaran bahasa Korea yang dilakukan oleh calon guru Seoul National University dalam bentuk pelatihan.

“Jadi mereka datang untuk memperoleh sertifikasi guru bahasa Korea, kemudian kami memfasilitasi kesempatan mereka untuk praktek. Kami hanya mewadahi saja dan mereka juga ingin tahu perkembangan bahasa Korea di Indonesia khususnya UNAS seperti apa,” ujar Wakil Direktur ABANAS, Fitri Meutia, S.S., M.A, saat ditemui diruangannya.

Dalam kunjungan tersebut, lanjutnya, pihak Seoul National University meminta ABANAS untuk mempresentasikan mengenai UNAS dan program studi Bahasa Korea mulai dari perkuliahan, kegiatan mahasiswa, serta tata bahasa. Selain itu, Seoul National University juga memberikan pengajaran kepada mahasiswa-mahasiswi ABANAS selama satu jam mulai dari bahasa, musik, tempat wisata hingga dunia K-POP.

“Setelah pembelajaran tersebut kemudian dinilai layak atau tidak mereka mendapatkan sertifikasi guru bahasa Korea, tentunya berdasarkan standar kualifikasi yang dikeluarkan oleh pemerintah Korea. Sebenarnya mereka ada yang sudah pensiun tetapi ingin mengajar bahasa Korea, ada juga yang lagi kerja dan rencana ingin berhenti kemudian jadi guru bahasa Korea. Itu alasan mereka sebelum berhenti bekerja harus memperoleh sertifikat dahulu, ” tambah Meutia.

Kunjungan Seoul National University merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, Seoul National University telah melakukan pengajaran dan kunjungan dibeberapa kampus di Indonesia yang memiliki Program Studi Bahasa Korea. “Mereka sangat antusias mengajar di UNAS. Semoga kunjungan ini tidak yang terakhir kalinya dan saya harap bisa terjalin kerjasama diantara ABANAS dan Seoul National University,” tutupnya.

Menurut lembaga QS World Ranking, Seoul National University merupakan universitas terbaik pertama di Korea yang menduduki peringkat 10 di Asia dan 35 di Dunia. Seoul National University juga mempromosikan kolaborasi internasional dan telah memiliki perjanjian tentang pertukaran akademik dengan sekitar 860 universitas dan lembaga penelitian di seluruh dunia.(*NIS)

You May Also Like